Ternyata Bisa, Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim, Begini Caranya

Ternyata Bisa, Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim, Begini Caranya

JAKARTA, RADARPENA - Saat ini, belanja online sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat di era digital. Siapa pun dapat membeli barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah.

Hanya dengan smartphone dan internet, Anda dapat dengan mudah memesan barang atau produk yang diinginkan lewat layanan e-commerce.

Pertanyaan yang sering diajukan pelanggan adalah, bisakah membatalkan barang yang sudah terlanjur kita pesan dan dikirim? Jawabannya, bisa. Beberapa e-commerce juga sudah menyediakan fitur pembatalan pesanan untuk memudahan pengguna. Salah satunya adalah Shopee.

Namun. terdapat syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan pengguna Shopee. Cara embatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim hanya dapat dilakukan atas persetujuan seller atau penjual.

BACA JUGA:Pelajari! Doa Bercermin Sesuai Ajaran Islam, Lengkap Beserta Artinya

Pembeli hanya boleh satu kali mengajukan permintaan pengembalian barang pesanan. Jika permintaan ditolak oleh penjual (seller), maka pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan lagi untuk pesanan yang sama.

Kesalahan yang biasa terjadi adalah, seperti salah measukka alamat rumah, atau salah jumlah pesanan, bahkan salah membeli barang atau produk yang diinginkan.

Dilansir dari laman Shopee.gi.id, sebelum membatalkan pesansn di Shopee, ada beberapa alasan yang bisa Anda pilih, yaitu:

  •   Penjual tidak menjawab chat
  •   Permintaan penjual
  •   Pembeli ingin mengubah rincian dan membuat pesanan baru.
  •   Produk memiliki ulasan buruk.

BACA JUGA:Corak dan Motif Induk Baru Batik Khas Kota Bekasi Resmi Diluncurkan

  •   Pembeli ingin mengubah alamat pengiriman barang.
  •   Pembeli menemukan produk dengan harga yang lebih rendah.
  •   Penjual membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesanan.
  •   Pembeli berubah pikiran.

Shopee memilik tiga jenis pembatalan pesanan, yaitu pembatalan instan, pembatalan non instan, dan pembatalan otomatis.

Pembatalan instan adalah jenis pembatalan yang bisa dilakukan secara langsung sebelum penjual mengatur pengiriman. Anda dapat mengurungkan pembelianmu maksimal 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Adapun pembatalan noninstan adalah pembatalan yang dilakukan ketika penjual telah mengatur pengiriman dan memasukkan nomor resi. Jenis pembatalan ini mengharuskan pembeli mendapat persetujuan dari seller terlebih dahulu. Seller dapat menolak pembatalan ini jika barang sudah terlanjur dikirim. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih mengajukan pengembalian barang dengan alasan tertentu jika memang diperlukan.

BACA JUGA:Di Bawet Kini Dilarang Parkir Sembarangan

Sedangkan pembatalan otomatis yaitu apabila barang yang sudah Anda pesan akan otomatis dibatalkan jika penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan resi hingga batas waktu pengemasan berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: