Wali Kota Bandung Yana Mulyana Resmi Serahkan Lahan di Gedebage untuk Dibangun Tol Getaci

Wali Kota Bandung Yana Mulyana Resmi Serahkan Lahan di Gedebage untuk Dibangun Tol Getaci

BANDUNG - Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan hari ini secara resmi menyerahkan lahan di Gedebage untuk dibangun tol Getaci (Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap).

"Rencana pembangunan tol getaci Gedebage Tasik Cilacap dimana pembangunan tahap pertama menurut informasi dari kementerian itu Gedebage sampai Garut utara kurang lebih 45 km," ucap Yana di bale kota, Rabu (12/4/2023).

Lanjutnya di Gedebage ini nya cukup banyak lahan milik Pemkot Bandung yang masuk proyek strategis nasional.

BACA JUGA:Kembalikan Fungsi RTH, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Cikapundung River Spot

"Hari ini kita lakukan penyerahan tanah milik Pemkot seluas 25911 m2 dari 21 bidang yang ada mudah-mudahan dengan kita serahkan ini proyek pembangunan ini bisa segera direalisasikan meskipun targetnya disampaikan oleh kementrian pupr itu diakhir tahun 2023 sudah dimulai kontruksinya," ucapnya lagi.

Yana berharap berharap karena tahan Gedebage sudah akan tahap kontruksi maka yang di lahan pemkot bisa didahulukan, sehingga memberikan dampak keseriusan ke masyarakat, bahwa pemohon infrastruktur ini akan segera dibangun dan direalisasikan, tentunya bisa memberikan dampak proses percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan itu termasuk Kota Bandung.

"Alhamdulilah prosesnya berjalan lancar. Ini lahan pemkot, rencana Gedebage - Garut seksi 1," paparnya.

Yana akui proses pembangunan tol Getaci ini cukup panjang hingga hari ini. Dan ia pun menyampaikan lahan digunkan selama ini adalah ruang terbuka hijau (RTH).

BACA JUGA:Yakin Bisa Jaga Kota Bandung, Yana Apresiasi Kehadiran Kembali Tim Prabu

"Sebetulnya tidak semua RTH berkurang, karena ada bidang tanah tidak produktif. Tidak ada pembebasan lahan ya dari Gedebage, kalau Garut tidak tahu karena ini nyambung ke exit tol KM 149," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah Kementrian PUPR, Nugraha, mengatakan proses pembangunan Tol sesuai target selesai di 2024 untuk Nagrek Garut Utara.

"Terealisasi tergantung tanahnya. Kalau pembangunan itu cukup cepat makanya kami berhatap masyarakat ikut serta partisipasi pembangunan ini. Ini prosesnya sudah dari tahun 2020 tapi pandemi lalu 2021 konsultasi pemilik lahan dan 2022 baru muncul, 2023 baru penyerahan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: