7 Sumber Rezeki dalam Islam yang Dijelaskan Al-Quran: Cara Meraih Berkah dari Langit dan Bumi

Senin 21-10-2024,16:30 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rezeki merupakan karunia Allah SWT yang dianugerahkan kepada semua makhluk-Nya. Dalam Islam, rezeki tidak hanya sebatas materi, tetapi mencakup segala hal yang bermanfaat bagi kehidupan. 

Allah SWT telah menjamin rezeki bagi setiap makhluk-Nya, termasuk manusia. Namun, manusia perlu berusaha dan bertawakal untuk mendapatkannya, karena rezeki tidak selalu datang dengan sendirinya.

Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam menjelaskan beberapa sumber rezeki yang bisa diperoleh jika kita mengikuti petunjuk Allah SWT. 

Berikut adalah tujuh sumber rezeki dalam Islam yang dijelaskan Al-Quran, yang dapat menjadi panduan bagi umat muslim untuk meraih keberkahan dalam hidup:

7 Sumber Rezeki dalam Islam yang Dijelaskan Al-Quran

1. Sedekah 

Sedekah merupakan salah satu jalan untuk memperoleh rezeki. Dalam Al-Quran, Allah SWT berjanji akan melipatgandakan rezeki orang yang bersedekah. Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 245

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

BACA JUGA:

Sedekah tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi bisa berupa bantuan dan kebaikan lainnya yang bermanfaat bagi orang lain.

2. Jaminan dari Allah SWT

Allah SWT telah menjamin rezeki setiap makhluk hidup di bumi. Dalam QS Hud ayat 6, Allah menegaskan bahwa setiap makhluk yang berjalan di bumi telah dijamin rezekinya.

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauhulmahfuz). (QS Hud: 6)

3. Syukur

Sikap bersyukur juga merupakan sumber rezeki yang penting. Allah berfirman dalam QS Ibrahim ayat 7 bahwa jika kita bersyukur atas nikmat-Nya, Allah akan menambah nikmat tersebut.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Kategori :