Kenali Manfaat, Tips dan Jenis Food Prep yang Wajib Kamu Tahu, Siap Jadi Master Dapur?

Sabtu 19-10-2024,20:30 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

Dengan merencanakan menu untuk beberapa hari ke depan, kamu dapat mengurangi kemungkinan membuang makanan yang tidak habis. 

Ini berarti kamu juga berkontribusi dalam mengurangi limbah makanan, yang berdampak positif bagi lingkungan.

4. Menghemat Biaya 

Food prep bisa membantu menghemat biaya. Membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk beberapa hari seringkali lebih murah daripada membeli bahan makanan setiap hari atau makan di luar. 

Selain itu, kamu juga bisa menghindari pemborosan dengan merencanakan apa yang akan kamu makan.

Jenis-Jenis Food Prep

1. Batch Cooking 

Batch cooking berarti memasak satu jenis makanan dalam jumlah besar sekaligus. Contohnya, kamu bisa memasak satu pot besar sup atau kari, kemudian dibagi menjadi porsi yang lebih kecil.

BACA JUGA:

Kemudian selebihnya bisa disimpan di lemari es atau freezer untuk dikonsumsi selama beberapa hari ke depan. Metode ini cocok untuk makanan yang bisa tahan lama dan mudah dipanaskan kembali.

2. Pre-portioning 

Pre-portioning adalah memisahkan makanan yang sudah dimasak menjadi beberapa porsi yang siap dikonsumsi. 

Misalnya, setelah kamu memasak nasi dan ayam, kamu bisa langsung memisahkan ke dalam beberapa kotak makan, sehingga saat waktu makan tiba, kamu tinggal memanaskannya.

3. Ingredient Prep 

Jika kamu lebih suka makanan yang fresh setiap hari, kamu bisa melakukan persiapan bahan-bahan mentah. Misalnya, memotong sayuran, mencuci beras, atau merendam kacang-kacangan. 

Dengan begitu, saat akan memasak, kamu hanya tinggal mencampur bahan yang sudah siap, sehingga waktu masak menjadi lebih singkat.

Kategori :