Doa Minta Jodoh yang Baik Dalam Islam dan 8 Ikhtiar Mencarinya, Menjemput Cinta Ilahi

Rabu 16-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam kehidupan, setiap manusia diciptakan untuk hidup saling melengkapi. Jodoh adalah anugerah dari Allah SWT yang akan memberikan kebahagiaan dan pendampingan dalam kehidupan kita. 

Dalam Al-Quran, Allah menegaskan bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan. Hal ini tertuang dalam surat An-Najm ayat 45, yang menyebutkan bahwa Allah SWT menciptakan pria dan wanita secara berpasangan. Oleh karena itu, menemukan jodoh adalah perjalanan yang bermakna bagi banyak orang.

Doa Minta Jodoh yang Baik 

Salah satu langkah yang bisa diambil untuk menemukan jodoh yang baik adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Dengan berdoa, kita memohon petunjuk serta kemudahan agar dipertemukan dengan pasangan yang tepat. 

Dalam buku Kitab Cinta Muslimah oleh Assyabiya Ariffah, terdapat doa yang bisa dibaca untuk mendekatkan jodoh. Salah satu doa tersebut adalah doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Musa, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran,

فَسَقَىٰ لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّىٰٓ إِلَى ٱلظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Arab latin: Fa saqā lahumā ṡumma tawallā ilaẓ-ẓilli fa qāla rabbi innī limā anzalta ilayya min khairin faqīr

Artinya: Maka Musa memberi minum ternak itu untuk menolong keduanya, kemudian ia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku."

BACA JUGA:

Selain itu, Nabi Zakaria AS juga pernah berdoa kepada Allah agar diberikan keturunan dan pasangan. Doanya berbunyi: 

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Arab latin: Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri, dan Engkaulah Waris yang paling baik."

Selanjutnya bisa membaca doa berikut ini:

"Ya Allah, cukuplah Engkau saja yang menjadi pemeliharaku di dunia dan akhirat kelak. Dengarkanlah rintihan hamba-Mu yang dhaif ini. Jangan Engkau biarkan aku sendirian di dunia ini maupun di akhirat kelak. Sebab itu menjuruskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran. Maka, karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman, supaya aku dan dia dapat membina kesejahteraan hidup ke jalan yang Engkau ridhai. Dan karuniakanlah padaku keturunan yang saleh, Aamiin, Aamiin ya Rabbal alamin."

Doa-doa ini menjadi bukti bahwa memohon kepada Allah adalah cara yang penting dalam upaya kita mendapatkan jodoh yang baik. Selain itu, umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca shalawat sebelum memanjatkan doa, agar doa tersebut lebih mustajab.

Ikhtiar dalam Mencari Jodoh

Kategori :