4 Tips Bisnis Bareng Teman, Cara Aman Cegah Konflik agar Usaha Tetap Lancar

Selasa 15-10-2024,07:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memulai bisnis bareng teman memang terdengar menyenangkan. Siapa yang tidak ingin bekerja sama dengan orang yang sudah kita kenal baik dan memiliki chemistry? 

Memulai bisnis bareng teman memang menjanjikan banyak keuntungan, mulai dari kenyamanan bekerja dengan orang yang sudah dikenal hingga memiliki visi yang sejalan. 

Namun, di balik keseruan itu, menjalankan bisnis bareng teman juga berisiko menimbulkan konflik yang dapat merusak hubungan persahabatan jika tidak dikelola dengan baik. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat hendak memulai bisnis bareng teman agar hubungan antara persahabatan tetap harmonis dan usaha tetap berjalan lancar. 

Berikut empat tips yang bisa kamu terapkan agar bisnis bareng teman berjalan lancar tanpa konflik, seperti dikutip Radarpena dari situs umkmindonesia.id.

BACA JUGA:

1. Menyamakan Visi dan Misi

Kesuksesan bisnis berawal dari kesamaan visi dan misi. Sebelum memulai bisnis, penting untuk berdiskusi dengan teman mengenai tujuan jangka panjang usaha yang ingin dibangun. 

Visi adalah gambaran besar dari apa yang ingin dicapai, sementara misi merupakan cara untuk mencapai tujuan tersebut. 

Jika salah satu dari kalian memiliki visi ingin memperbesar bisnis hingga ke tingkat nasional, sedangkan yang lain hanya ingin menjadikan bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan, ini bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Dengan menyamakan visi dan misi sejak awal, kalian bisa memiliki gambaran yang jelas tentang arah bisnis ke depan. 

Diskusikan nilai-nilai apa yang penting bagi kalian berdua dan bagaimana cara menghadapi berbagai tantangan. 

Kesepahaman ini akan menjadi fondasi yang kuat dalam menjalankan bisnis, menghindari ketidaksepahaman, dan membuat kalian bisa fokus pada tujuan yang sama.

2. Utamakan Transparansi dan Keterbukaan

Kepercayaan adalah kunci dalam bisnis, terutama ketika berbisnis dengan teman. Salah satu cara menjaga kepercayaan tersebut adalah dengan mengedepankan transparansi dan keterbukaan. 

Kategori :