Mood Berantakan Gak Karuan? Coba deh Makan Snack Ini

Senin 30-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa yang tidak suka makanan satu ini? Rasanya manis, terkadang ada kacang atau buah kering di dalamnya. Dipercaya, mengonsumsi makanan ini dapat menaikkan mood seseorang.

Ya! Cokelat, sering kali dianggap sebagai "obat" untuk mengatasi perasaan sedih atau patah hati. Banyak orang percaya bahwa makanan manis ini dapat memberikan kebahagiaan dan meningkatkan suasana hati.

Khasiat cokelat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan. Komponen feniletilamin pada cokelat dikenal dapat meningkatkan mood. 

BACA JUGA:

Cokelat dan Mood

Bagaimana cokelat bisa meningkatkan mood seseorang, jawabannya ada pada kandungan dibawah ini:

  • Serotonin: Cokelat mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan penting dalam mengatur suasana hati. Ketika kadar serotonin meningkat, perasaan bahagia dan nyaman pun ikut meningkat.
  • Feniletilamina: Senyawa ini ditemukan dalam cokelat dan dikenal sebagai "obat cinta". Feniletilamina dapat merangsang pelepasan endorfin, yang merupakan hormon "perasaan baik" yang dapat meningkatkan mood.
  • Antioksidan dan Flavonoid: Cokelat, terutama dark chocolate, kaya akan antioksidan seperti flavonoid. Senyawa ini tidak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang sering kali menyertai perasaan sedih.

BACA JUGA:

Manfaat Kesehatan Cokelat

1. Meningkatkan Energi

Kandungan kafein dalam cokelat dapat memberikan dorongan energi, meskipun tidak sebanyak kopi. Ini membantu meningkatkan semangat dan fokus.

2. Mengurangi Stres

Mengonsumsi cokelat dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang biasanya meningkat saat seseorang mengalami stres atau kesedihan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Flavonoid dalam cokelat juga berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular dengan melindungi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

BACA JUGA:

Kategori :