Maggie Smith, Pemeran Professor McGonagall di Film Harry Potter Meninggal Dunia, Usia 89

Sabtu 28-09-2024,13:45 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID Maggie Smith dikabarkan meninggal dunia pada usia 89 tahun pada Jumat, 27 September 2024. Kabar duka ini diumumkan oleh keluarganya. 

Ia meninggal di rumah sakit di London pada Jumat pagi, kata putra-putranya Chris Larkin dan Toby Stephens

Smith adalah salah satu aktor paling terkenal di generasinya dengan karier yang mencakup berbagai karya mulai dari Shakespeare hingga Harry Potter dan Downton Abbey,

Smith merupakan satu dari sedikit orang terpilih yang memenangkan tiga penghargaan yakni Oscar, Emmy, dan Tony selama tujuh dekade di panggung dan layar, menjadi bintang yang dikenal karena kecerdasannya yang tajam.

BACA JUGA:Profil Andrew Andika Aktor dan DJ Ternama yang Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkoba

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan, “Smith memperkenalkan kita pada dunia baru melalui kisah-kisah yang tak terhitung jumlahnya yang ia perankan selama kariernya yang panjang. 

Dia dicintai oleh banyak orang karena bakatnya yang luar biasa, menjadi harta nasional sejati yang karyanya akan dihargai oleh generasi mendatang," katanya.

Setelah memulai karier di panggung pada 1950-an, Smith menjadi tokoh tetap di Teater Nasional Inggris yang baru pada 1960-an. Ia bekerja bersama Laurence Olivier sebelum memenangkan Oscar pertamanya di akhir dekade itu.

BACA JUGA:Eminem Luncurkan Lagu Terbaru Sindir P Diddy, Berikut Lirik dan Terjemahannya

Namun bagi penggemar dari generasi yang lebih muda di abad ke-21, ia dikenal sebagai Profesor McGonagall dalam ketujuh film Harry Potter dan Dowager Countess dalam serial TV terkenal Downton Abbey, sebuah peran yang sepertinya dibuat khusus untuk seorang aktor yang dikenal dengan komentar-komentar yang tidak penting dan sindiran-sindiran yang jahat.

"Seorang yang sangat tertutup, dia bersama teman-teman dan keluarga pada saat terakhirnya," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Nominasi pertama Smith untuk Academy Award adalah untuk perannya sebagai Desdemona bersama Laurence Olivier dalam Othello pada tahun 1965, sebelum memenangkan Oscar untuk perannya sebagai kepala sekolah Edinburgh dalam The Prime of Miss Jean Brodie tahun 1969.

Dia memenangkan Oscar keduanya untuk peran pendukungnya dalam komedi tahun 1978 California Suite.

BACA JUGA:Penyebab Mati Muda Efektif: Studi Terbaru Ungkap Orang yang Bekerja Lebih dari 54 Jam Seminggu yang Utama

Peran lain yang mendapat pujian dari kritikus termasuk Lady Bracknell dalam drama Oscar Wilde The Importance of Being Earnest di panggung West End, seorang wanita berusia 92 tahun yang berjuang melawan kepikunan dalam drama Edward Albee Three Tall Women dan perannya dalam film komedi hitam tahun 2001 Gosford Park.

Kategori :