Video Atlet PON XXI Aceh Sumut Tak Dapat Makanan Layak, Menpora Dito: Itu Hoaks

Selasa 17-09-2024,18:26 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Publik dikejutkan dengan beredarnya video atlet PON XXI Aceh-Sumut tak mendapatkan makanan layak. Video tersebut tersebut di media sosial dan langsung viral.

Dalam video, makanan yang diterima atlet PON XXI hanya diberi Momogi dengan tambahan dua buah roti serta air mineral.

Makanan tersebut sangat tidak layak mengingat Pemerintah telah menggelontorkan dana Rp42 miliar. Jumlah tersebut dirincikan melalui dua item dengan rincian Rp50.900 untuk seporsi makanan (total Rp30,8 miliar), dan Rp18.900 untuk seporsi snack (total Rp11,4 miliar).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo langsung memberi tanggapan soal beredarnya video makanan tak layak atlet PON XXI.

"Sudah diinvestigasi ternyata itu hoaks dan becandaan oknum," terang Dito ketika dihubungi radarpena.co.id grup disway.id, Selasa, 17 September 2024 siang.

BACA JUGA:

Dito mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh dan Sumut telah mengubah konsumsi makanan atlet menjadi Prasmanan atau full board.

"Berbentuk nasi boks harusnya jika atlet tidak di lokasi penginapan," katanya.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan pihaknya, Dito menegaskan belum bisa dipastikan kebenaran konsumsi untuk para atlet, apakah disiapkan oleh pihak penginapan sesuai dengan video yang beredar.

"Sumber dan informasinya tidak lengkap. Jika ada laporan yang lebih detail, mohon diinformasikan," jelasnya.

Dito pun berharap masyarakat dapat membantu melaporkan kekeurangan berlangsungnya PON XXI Aceh-Sumut 2024 sesuai dengan fakta agar diperbaiki biar lebih baik kedepannya.(dimas rafi)

 

Kategori :