Pendaki Asal Rusia Hilang di Gunung Rinjani

Minggu 15-09-2024,20:49 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

MATARAM, RADARPENA.CO.ID - Seorang pendaki asal Rusia, Mordovina Alexandra (44) hilang di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mordovina Alexandra diduga melakukan pendakian ke Gunung Rinjani dengan cara ilegal.

Kepala SAR Mataram Wahyu mengatakan pihak telah mengerahkan drone untuk melakukan pencarian terhadap Mordovina Alexandra.

"Sejak hari Jumat (13/9) kami lakukan penyisiran jalur Senaru," katanya, Minggu, 15 Septe,ber 2024.

Di samping melalui pendakian, kata dia, pencarian juga dilakukan dari udara dengan menggunakan drone thermal.

BACA JUGA:

"Ada dua titik yang dilakukan pemantauan melalui udara, yaitu sekitar Puncak Sangkareang dan Lembah Santong," katanya.

Setelah dilakukan pengecekan di beberapa lokasi yang dicurigai, kata Wahyu, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Dia menjelaskan hingga saat ini pencarian masih diupayakan secara maksimal bersama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), TNI, Polri, portir, rekan korban, dan pihak terkait lainnya.

"Korban sudah tidak berada di penginapannya di Senaru Lombok Utara sejak 30 Agustus 2024 dan diduga hilang saat melakukan pendakian," katanya.

Sebelumnya, Kapolsek Bayan Iptu I Wayan Cipta Naya di Lombok Utara mengatakan korban diduga berangkat untuk melakukan pendakian secara ilegal ke Gunung Rinjani.

BACA JUGA:

Tim pencarian telah dibentuk bersama aparat gabungan, dengan pencarian di beberapa titik lokasi, di antaranya jalur Senaru-Plawangan Senaru (Radius ±7KM), Plawangan Senaru-Jalur Sangkareang (Radius + 2KM), Plawangan Senaru - Jalur Batu Ceper (Radius 2KM).

"Dan jalur Plawangan Senaru-Jalur Santong (Radius ±3KM)," katanya.

Kejadian ini diketahui bahwa korban diperkirakan mendaki pada 30 Agustus 2024 sekitar pukul 04.00 WITA dini hari karena korban sempat memberitahukan kepada rekan-rekannya bahwa dirinya mendaki dan chatingan lewat WhatsApp.

Kategori :