Manfaat Tumbuhan Herbal Fenugreek: Baik untuk Booster ASI hingga Tingkatkan Reproduksi Pria

Sabtu 14-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Fenugreek atau kelabat adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, terutama di wilayah Timur Tengah, India, dan Mediterania.

Biji fenugreek yang kecil dan berwarna cokelat mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, serat, zat besi, magnesium, serta vitamin B.

Selain sebagai bahan kuliner, fenugreek juga dikenal karena beragam manfaat kesehatannya.

Berikut ini beberapa manfaat utama fenugreek untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian.

1. Meningkatkan Produksi ASI

Salah satu manfaat fenugreek yang paling populer adalah kemampuannya dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Fenugreek dianggap sebagai galactagogue, yaitu zat yang membantu meningkatkan aliran dan jumlah ASI.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu yang mengonsumsi suplemen fenugreek mengalami peningkatan produksi ASI yang signifikan dalam waktu beberapa minggu.

Cara Menggunakan:

  • Konsumsi teh fenugreek atau suplemen yang mengandung ekstrak fenugreek selama masa menyusui.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Fenugreek kaya akan serat larut, yang membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit. Selain itu, biji fenugreek juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung dan usus.

Cara Menggunakan:

  • Rendam biji fenugreek dalam air semalaman, lalu minum airnya di pagi hari untuk meningkatkan pencernaan.

3. Mengontrol Gula Darah

Fenugreek memiliki potensi untuk membantu mengatur kadar gula darah, menjadikannya salah satu herbal yang populer untuk penderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fenugreek dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa darah setelah makan, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Cara Menggunakan:

  • Konsumsi 10 gram biji fenugreek setiap hari yang dicampurkan dalam makanan atau diminum sebagai teh untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Fenugreek mengandung serat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, sehingga dengan mengonsumsi fenugreek, risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Cara Menggunakan:

  • Tambahkan biji fenugreek ke dalam makanan sehari-hari atau konsumsi kapsul fenugreek sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Mengurangi Peradangan

Biji fenugreek memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Hal ini membuatnya bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada tubuh, baik itu peradangan akibat cedera maupun kondisi kronis seperti arthritis.

Kategori :