Huawei Rilis Ponsel Lipat Tiga, iPhone 16 Langsung Menciut

Kamis 12-09-2024,12:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Ponsel lipat tiga Huawei yang baru dirilis ternyata mampu membangkitkan kebanggaan nasionalis di China.

Di media sosial, ponsel seharga USD 2.800 (Rp 43 juta) itu ramai dibicarakan karena kemampuannya untuk mengalahkan Apple meskipun Huawei di-blacklist Amerika Serikat.

Raksasa teknologi China itu meluncurkan Mate XT hanya beberapa jam setelah Apple memperkenalkan jajaran iPhone 16 yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan (AI).

Baik Mate XT maupun iPhone 16 akan mulai dijual pada 20 September, meskipun Mate XT diharapkan hanya tersedia di China.

BACA JUGA:Viral X: IPhone 16 Rilis dengan 4 Varian, Ponsel Flagship Terbaru Unggulan Apple

BACA JUGA:HP Lipat 3 Mate XT Ultimate Design Segera Dipasarkan, Cek Harga dan Speksnya di Sini

"Apple belum jatuh, tetapi Huawei benar-benar bangkit lagi," kata warganet di Weibo, dikutip dari Rabu 11 September 2024.

"Waktu telah berubah. Sanksi AS sia-sia," kata yang lain.

Peluncuran Mate XT mengikuti kemunculan kembali Huawei di pasar smartphone premium 5G tahun lalu dengan seri Mate 60 dan tahun ini dengan ponsel seri Pura yang memiliki semikonduktor yang diproduksi di dalam negeri.

Peluncuran perangkat baru Huawei menjadi 'kemenangan' bagi China atas sanksi AS sejak 2019 yang telah mencegah perusahaan mengakses chip produksi perusahaan AS.

AS melihat Huawei sebagai risiko keamanan nasional, dengan tuduhan yang telah dibantah oleh Huawei. Sanksi AS lalu diperluas mencakup larangan ekspor chip AS ke semua perusahaan China. AS berusaha menghalangi kemajuan teknologi untuk militer China.

BACA JUGA:iPhone SE 4 Segera Meluncur, Cek Spesifikasi dan Harganya yang Terjangkau

Terlepas dari kebanggaan nasionalisme, harga awal Mate XT yang dibanderol Rp 43 juta banyak dikritik karena terlalu mahal dan tidak peka di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi ketika rakyat tengah berjuang melawan ketidakpastian finansial.

Sementara itu, iPhone 16 dibanderol mulai USD 799 (Rp 12,3 jutaan) dan iPhone 16 Plus mulai USD 899 (13,8 jutaan). Untuk varian premium, iPhone 16 Pro dibanderol mulai USD 999 (Rp 15,4 jutaan) dan iPhone 16 Pro Max dipatok mulai USD 1.199 (RP 18,5 jutaan).***

Kategori :