Contoh Soal TKP CPNS 2024 Terbaru dan Kunci Jawaban, Pelajari agar Lolos SKD

Rabu 11-09-2024,17:17 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tes Karakter Pribadi (TKP) merupakan salah satu komponen penting dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024. 

Soal TKP CPNS ini dirancang untuk mengukur sejauh mana karakter dan perilaku calon aparatur sipil negara (CASN) sesuai dengan nilai-nilai dasar ASN. 

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, berikut ini beberapa contoh soal TKP CPNS 2024 terbaru beserta kunci jawaban yang bisa Anda pelajari sebagai persiapan hadapi SKD.

Dengan banyak mempelajari dan mengerjakan contoh soal TKP SKD serta persiapan yang matang, Anda pasti dapat meraih prestasi terbaik dan lolos dalam seleksi CPNS 2024 pada tahap seleksi kompetensi dasar.

BACA JUGA:

Dilansir dari YouTube Private Al Faiz, berikut ini 5 contoh soal TKP CPNS 2024 terbaru dan kunci jawaban yang dapat Anda pelajari:

1. Fira adalah seorang pegawai di kantor pelayanan publik yang sering menerima keluhan dari warga karena jumlah kursi tunggu yang terbatas, sehingga banyak warga harus mengantre dengan berdiri. Bagaimana sebaiknya Fira menangani situasi ini? 

A. Menyampaikan informasi kepada warga tentang alternatif tempat menunggu yang lebih nyaman di luar kantor 

B. Menyediakan nomor antrean agar warga bisa menunggu di tempat lain hingga giliran mereka tiba

C. Mengusulkan penambahan kursi tunggu kepada atasannya untuk mengurangi keluhan warga 

D. Meminta warga yang kuat berdiri untuk memberikan kursi kepada yang lebih membutuhkan 

E. Menyampaikan kepada warga bahwa kondisi tersebut sementara dan meminta pengertian mereka 

Jawaban: C

2. Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki banyak proyek bisnis yang perlu dikelola. Untuk membuat rencana kerja yang terorganisir dan efektif, langkah yang paling tepat adalah ...

A. Menyelesaikan proyek yang dianggap paling mudah terlebih dahulu untuk mendapatkan momentum 

Kategori :