KAI Commuter Kerahkan Pengamanan Ekstra di Stasiun Palmerah dan Manggarai Jelang Misa Akbar di GBK

Kamis 05-09-2024,11:01 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Misa akbar bersama Paus Fransiskus akan berlangsung Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, hari ini Kamis 5 Septembr 2024.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Commuter bersiaga agar perjalanan pengguna Commuter Line dapat berlangsung dengan lancar dan aman. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan bahwasanya pihaknya akan tetap mengoperasikan kereta seperti biasanya. 

Namun memberikan perhatian khusus dari sisi keamanan agar flow penumpang di stasiun dapat berjalan teratur. 

"Terutama di Stasiun Palmerah sebagai stasiun terdekat dengan lokasi Misa Agung bersama Paus Fransiskus, bisa dipastikan akan dipadati penumpang," kata Joni Kamis 5 September 2024. 

BACA JUGA:

"Maka itu, kami sebagai pengelola Commuter Line berusaha agar perjalanan pengguna dapat berjalan teratur dan tanpa hambatan," tambah Joni.

Menurut Joni, di Stasiun Palmerah sendiri akan ditempatkan 21 personel untuk pengamanan dan menjaga arus penumpang. Selain PKD dan Walka, juga BKO marinir. 

Sementara petugas pengamanan terbanyak ditempatkan di Stasiun Manggarai, mencapai 41 personel. Juga berasal dari berbagai unsur. 

Begitu juga Stasiun Tanah Abang sebagai titik transit menuju ke Palmerah, akan ditempatkan 29 personel petugas keamanan dari berbagai unsur. 

"Hal ini tidak lepas dari posisi Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit yang memang diprediksi akan ramai dengan pengguna yang akan menuju ke Stasiun Palmerah," Joni menambahkan.

"Kami sebagai pengelola transportasi massal Commuter Line ini memberikan support agar aktivitas pengguna berjalan sebagaimana mestinya. Apalagi animo publik dengan kedatangan Paus Fransiskus memang terbilang sangat tinggi, maka itu kami berusaha agar mobilitas pengguna tetap lancar dan aman," lanjut Joni.

Ia juga menegaskan, pengerahan petugas pengamanan untuk menjaga kelancaran penumpang juga dilakukan di berbagai stasiun supporting lainnya.

Mencakup Stasiun Tebet (19 personel), Stasiun Juanda (24 personel), Stasiun Sudirman (personel). 

"Dari sisi jumlah perjalanan akan beroperasi seperti biasanya. Dengan upaya yang kami lakukan tersebut, KAI Commuter berharap agar semua tetap berjalan tertib dan aman. Pengguna yang ingin ke lokasi Misa Agung pun dapat berjalan dengan lancar," kata Joni. 

Kategori :