Bangga! Indonesia Raih Juara Piala Dunia eSport Football Manager 2024, Segini Total Hadiahnya

Selasa 03-09-2024,08:30 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Indonesia berhasil meraih gelar juara di FIFAe World Cup featuring Football Manager 2024 pada Minggu 1 September 2024 di Liverpool, Inggris.

FIFAe World Cup atau Piala Dunia FIFAe adalah permainan elektronik yang dirancang untuk menampilkan semua aspek Football Manager dan mengharuskan para pemain mengasah teknik dan strategi mengelola tim sepak bola di bawah tekanan.

FIFAe World Cup 2024 diikuti oleh 20 delegasi dari 19 negara. Indonesia menjadi yang terbaik setelang mengalahkan 19 negara anggota FIFAe lainnya.

Indonesia yang diwakili oleh Ichsan Taufiq (manajer) dan Budi Muhamad Manar Hidayat (asisten manajer), tampil luar biasa dengan mengalahkan Jerman lewat agregat 8-2.

Mereka menerapkan pola permainan 4-2-3-1. Koen Casteels sebagai kiper, Alex Grimaldo, Presnel Kimpembe, Niklas Suele, dan Jonathan Clauss, sebagai empat bek di depannya. Ichsan dan Manar memainkan lima gelandang yakni Nicolas Seiwald, Andre-Franck Zambo Anguissa, Lorenzo Insigne, Xavi Simons, serta Matteo Politano, dan Niclas Fuellkrug sebagai striker.

Seperti diketahui, di fase grup, Indonesia masuk di Grup C dan melatih Sporting Lisbon bersama empat lawan lainnya.

Ichsan dan Budi Muhamad melangkah ke semifinal setelah tampil sebagai juara grup dengan nilai 364. Poin tersebut diraih setelah tiga musim menangani Sporting Lisbon dengan perincian 150 poin dari hasil di liga, 113 untuk turnamen, 65 untuk trofi, dan 36 poin dari penilaian manajemen.

BACA JUGA:

Indonesia unggul dari negara-negara lain di Grup C yakni Polandia (343 poin), Prancis (331), Inggris (295), dan India (265).

Pada partai semifinal yang juga berlangsung pada Minggu (1/9), Indonesia mengalahkan Inggris dengan agregat 5-3.

Seusai laga, Ichsan dan Budi Muhamad mengatakan bahwa Indonesia percaya diri bisa menjuarai ajang ini. Mereka menyebut kunci kemenangan Indonesia di final adalah bermain menyerang dan cara menangani taktik lawan.

"Kita bermain attacking, yang paling penting adalah opposite instruction. Jadi setiap players yang membahayakan kita jaga dan tackling," kata Budi Muhamad.

Dilansir dari Reuters, hadiah FIFAe World Cup 2024 dengan uang tunai senilai 100.000 dolar Amerika Serikat, atau jika dirupiahkan sebesar Rp1,5 miliar.

Daftar Peserta

Kategori :