8 Manfaat Keramas Kopi untuk Kesehatan Rambut dan Cara Perawatannya

Selasa 27-08-2024,18:33 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

3. Membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau

Setiap orang khususnya Wanita akan sangat mendambakan memiliki rambut yang halus dan berkilau. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan keramas menggunakan kopi. Pasalnya flavonoid yang terkandung dalam kopi bisa membantu meregenerasi rambut dan menjadikannya lebih halus, berkilau, dan mudah diatur.

4. Menyeimbangkan pH Rambut

Penelian mengungkap bahwa rambut manusia memiliki serat rambut pH 3,67, sedangkan kulit kepala memiliki pH 5,5. Selain menggunakan obat rambut, kopi bisa menjadi salah satu cara alami untuk menyeimbangkan pH rambut dan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerusakan. 

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Minyak dalam kopi mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini membantu menstimulasi pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala.

BACA JUGA:Konsumsi Kopi Tanpa Gula Ternyata Sangat Sehat, Salah Satunya Menurunkan Risiko Sirosis Hati

BACA JUGA:Stop! 7 Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

6. Mengatasi ketombe

Kopi dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk pada kulit kepala. Anda dapat memijat seduhan serbuk kopi ke kulit kepala secara perlahan, kemudian membilasnya dengan air. 

7. Mengaktifkan sel-sel folikel rambut

Kandungan dalam kopi dapat mengaktifkan sel-sel pada folikel rambut, yang dapat meningkatkan produksi rambut baru, mencegah kerontokan, dan memperkuat rambut.  

8. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Gunakan kopi sebagai masker untuk mengangkat sel kulit mati di kulit kepala. Ini akan membuat kulit kepala Anda terasa lebih bersih dan segar.

Cara Perawatan Rambut Menggunakan Kopi

Perlu diketahui untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, perlu adanya cara yang tepat untuk membantu perawatan rambut dengan menggunakan kopi. Berikut ini cara perawatan rambut yang tepat dengan menggunakan kopi:

  • Buatlah seduhan kopi yang kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot (spray). 
  • Setelah keramas, semprotkan racikan tersebut di batang rambut dan kulit kepala.
  • Berikan pijatan lembut dan diamkan selama 20 menit. Jangan lupa untuk membungkus rambut dengan shower cap supaya tidak mudah menguap. 
  • Jika sudah 20 menit, bilas rambut Anda menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih.
Kategori :