Hati-Hati! Ini Akibat Fatal Jika Sering Telat Ganti Oli, Nomor 5 Bikin Dompet Tipis

Minggu 25-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Oli mesin adalah darah kehidupan bagi kendaraan, Fungsinya sangat vital untuk melumasi komponen-komponen mesin agar dapat bekerja dengan lancar dan efisien. 

Namun, seperti darah manusia yang perlu diganti secara berkala, oli mesin juga perlu diganti sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Jika kita lalai mengganti oli, maka akan ada sejumlah masalah serius yang sedang mengintai kendaraan kita dalam waktu dekat.

Penting untuk diketahui, ada beberapa akibat fata yang bisa terjadi pada kendaraan jika pengguna tidak rutin mengganti oli kendaraan. Apa saja?

 

Akibat Fatal Bila Sering Telat Ganti Oli

Banyak kerugian yang bisa dialami oleh pengguna kendaraan jika tidak rutin mengganti oli. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi justru kendaraan malah menjadi sangat rusak dan tidak dapat digunakan, sehingga merepotkan pemilik kendaraan.

Nah inilah akibat fatal bila sering telat ganti oli yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan:

BACA JUGA:

1. Kerusakan Komponen Mesin

Aus Prematur gesekan antar komponen mesin yang tidak dilumasi dengan baik akan menyebabkan keausan yang lebih cepat. Komponen seperti piston, ring piston, dan bantalan akan mengalami kerusakan.

Dalam kasus yang parah, komponen mesin bisa saling mengunci (seize) akibat kurangnya pelumasi. Hal ini dapat menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan dan memerlukan perbaikan yang mahal.

2. Peningkatan Suhu Mesin

Oli yang kotor dan kental tidak dapat menyerap panas dengan baik. Akibatnya, suhu mesin akan meningkat secara drastis dan dapat menyebabkan overheating. Jika overheating terus berlanjut, head mesin bisa melengkung atau bahkan pecah.

3. Penurunan Performa Mesin

Kategori :