ASUS Luncurkan Laptop ROG Zephirus G16, Laptop Multifungsi Cocok Buat Game dan Programer, Segini Harganya

Jumat 23-08-2024,18:28 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Laptop multifungsi diluncurkan ASUS. Laptop multifunsi ini sangat cocok untuk gamer dan programer.

Namanya Laptop ASUS ROG Zephirus G16. Laptop ini  tidak hanya diperuntukkan untuk bermain gim, tapi juga bisa digunakan untuk pemrograman, pengeditan, hingga membuat konten.

"Tentunya kadang-kadang semua aktivitas ini bisa dilakukan dalam satu sesi jadi kita butuh laptop yang bisa dibawa kemanapun tapi reliable untuk menjalankan aplikasi ringan sampai berat. Jadi ROG Zephyrus G16 ini diciptakan untuk mengakomodasi hal tersebut dengan optimal," kata Gaming Product Manager ASUS Indonesia Darien Theodric, Kamis, 22 Agustus 2024.

ROG Zephyrus G16 (GA605) tampil dengan desain modern yang ringan berkat penggunaan CNC-machined chassis. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,85 kg dan ketebalan 1,49 cm, menjadikannya salah satu laptop gaming paling tipis di kelasnya.

BACA JUGA:

Desain yang ringkas dan ringan ini juga memungkinkan peningkatan ruang pada keyboard dan sistem audio. Keyboard edge-to-edge dengan tombol yang lebih besar serta touchpad yang diperbesar memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya.

Selain itu, kualitas audio juga diperkuat dengan dukungan Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar, menghasilkan suara yang lebih jernih dan bertenaga.

Diklaim sebagai Next-Level AI Gaming Laptop, ROG Zephyrus G16 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dilengkapi dengan NPU berkinerja hingga 50 TOPs.

Prosesor ini menggunakan arsitektur Zen5 terbaru yang mampu memberikan performa serta efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Kemudian, arsitektur grafis AMD RDNA 3.5 baru, grafis AMD Radeon Seri 800M terbaru pada laptop ini dirancang untuk memberikan framerate yang lancar dalam bermain game AAA.

BACA JUGA:

ROG Zephyrus G16 hadir dengan dua opsi GPU NVIDIA GeForce RTX 4070 dan RTX 4060. Dengan dukungan dari GPU tersebut, laptop ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari bermain gim, rendering, hingga eksperimen AI.

ROG Zephyrus G16 memiliki sistem pendingin canggih yakni teknologi tri-fan dan liquid metal yang memastikan suhu tetap terkendali.

"Jadi dari segi cooling dia bisa mengambil hit yang panas dari bodi yang sangat tipis, untuk dikeluarkan menghasilkan pendinginan yang sangat efisien," ujar Darien.

Dari segi layar, ROG Zephyrus G16, menyematkan layar ROG Nebula Display 16 inci yang mendukung resolusi 2.5K dan refresh rate 240Hz. Layar laptop ini menggunakan panel OLED dan dilengkapi dengan teknologi VRR (Variable Refresh Rate).

Kategori :