Pulau Merak di Cilegon Provinsi Banten, tempat bagi Penghobi Snorkeling, dan Main Banana Boat

Senin 19-08-2024,16:21 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Saat kita berada di Periaran Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera tak jauh dari Cliegon Provinsi Banten kita bisa menemukan dengan mudah sebuah Pulau. Pulau ini diberi nama Pulau Merak Kecil dan sering juga disebut Pulau Merak Besar.

Akses menuju ke Pulau Merak Kecil atau Pulau Merak besar, kita bisa menujunya dari Pelabuhan Merak di Provinsi Banten. Untuk Sampai ke Pelabuhan Merak dari Jakarta kita bisa menggunakan moda transportasi umum yakni Kereta. 

Dari Jakarta kita bisa memilih moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) menuju stasiun Rangkasbitung dan transit ke stasiun Merak menggunakan kereta ekonomi lokal Rangkasbitung Merak. Selanjutnya dari Stasiun Merak anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Merak. 

Pulau Merak Kecil atau juga Pulau Merak Besar memiliki luas sekitar 46 Hektar. Walaupun ukurannya kecil, namun di Pulau ini memiliki sejumlah keindahan bagi yang menepi atau sedang berada di Pulau Ini.

Pantai di Pulau ini, terkenal dengan Pasir Putihnya, dan suasana alamnya yang terang. Bukan itu saja sekarang ini Pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas tambahan yang sudah dibangun di Pulau tersebut. 

BACA JUGA:Turis Thailand Gelar Aksi Boikot Liburan ke Korsel di Medsos, Apa Penyebab dan Dampaknya, Simak Ulasannya

BACA JUGA:7 Rekomendasi Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba, dari Rawon hingga Tahu Telor Legendaris

Fasilitas tambahan itu sepertiBanana Boat, Wisata Naik Perahu, dan Snorkeling, juga terdapat beberapa fasilitas penunjang diantaranya Toilet, tempat ganti pakaian dan Musholla.

Di Pulau Merak Kecil atau Pulau Merak besar, juga terdapat beberapa akomodasi yang bisa dipergunakan bila ingin bermalam di Pulau ini seperti Homestay dan tenda. Juga terdapat warung-warung Kuliner yang menyediakan makanan laut segar.

Bagi pengunjung atau wisatawan yang akan menuju ke sini, bisa memperhatikan jam kunjungannya  yakni setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 IB. Karena jam operasi Perahu warga yang mengantarkan ada waktu tersebut. Perjalanan menuju ke Pulau ini tidak lama hanya sekitar 5 menit dari Kawasan Cilegon Banten.

Kemudian bagi wisatawan yang ingin berkemah,  tidak perlu khawatir karena akan ada perahu yang menjemput di keesokan harinya.  Kemudian juga untuk  berlibur ke Pulau Merak Kecil, tidak harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Cukup bermodalkan Rp 50.000.  Cukup membayar diawal dengan tarif Rp 17 ribu. Biaya ini sudah termasuk total layanan antar dan jemput jika sudah selesai.  Disana kita juga bisa menikmati macam kuliner dengan cara berbelanja dan bermain wahana yang ada dengan biaya murah.

Di Pulau Merak Kecil terkenal pula sebagai lokasi wisata Day-use yang populer bagi warga Jakarta untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan dengan waktu singkat. Beragam aktivitas bisa dilakukan di Pulau Merak seperti bersantai di tepi Pantai, bermain snorkeling dan Banana Boat. 

 

Kategori :