Amankan Sidang Tahunan MPR, 3.457 Personel TNI-Polri Pagari Gedung DPR/MPR/DPD

Jumat 16-08-2024,11:24 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Total sebanyak 3.457 personel gabungan TNI-Polri memagari Komplek Gedung DPR/MPR/DPD pada Sidang Tahunan DPR/MPR/DPD, Jumat, 16 Agustus 2024.

Untuk pihak kepolisian memfokuskan penjagaan di pintu masuk Gedung DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami fokuskan jangan sampai itu mengganggu acara inti pidato kenegaraan pada saat kedatangan pejabat-pejabat dengan kegiatan berakhir, karena kegiatan di DPR dari pagi ke siang dan abis jumatan lanjut lagi. Sehingga pengamanan kita panjang dan kita pastikan jalur itu steril dari Semanggi sampai pintu utama DPR," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat apel pengamanan pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Susatyo menyebut, ada 3.457 personel gabungan guna mengamankan sidang tahunan MPR RI.

Personel gabungan tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait lainnya.

BACA JUGA:

Personel gabungan nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Gedung DPR RI.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah adanya aksi massa yang masuk ke dalam Gedung DPR. 

Sedangkan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR RI dan beberapa lokasi lain bersifat situasional.

Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

Lebih lanjut, Susatyo menyebut personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api.

BACA JUGA:

Pihak kemanana juga akan bersikap humanis jika ada aksi massa yang menyampaikan pendapat.

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api. Ini kita dalam rangka mengamankan hajat 287 juta rakyat Indonesia karena ini simbol kegiatan HUT RI. Akan ada 2.500 kendaraan anggota DPR masuk ke dalam maka yang dilakukan ini jadi sorotan banyak orang," jelas Susatyo.

Sekedar informasi, Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Kategori :