Jenis Ikan yang Mengandung Omega 6, Baik untuk Nutrisi Harian dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kamis 15-08-2024,14:06 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada beberapa jenis ikan yang mengandung omega 6 untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu. Omega 6 tak kalah penting dari omega 3. Omega 6 merupakan asam lemak yang penting untuk kesehatan jantung. 

Melansir dari WebMD, omega 6 berfungsi untuk menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung, pembuluh darah), menjaga sel tetap berfungsi normal, dan melawan inflamasi. 

Karena tubuh tidak bisa memproduksi omega 6 sendiri, kamu perlu mengonsumsi pangan yang mengandung omega 6. Berikut ini beberapa jenis ikannya:

BACA JUGA:

Tuna


Tuna.--Pinterest.com

Tuna bukan hanya mengandung omega 3, tapi di dalamnya juga terdapat omega 6 yang sama bagusnya untuk tubuh. Makanya, ikan ini sangat sering direkomendasikan agar dikonsumsi sejak dini.

Albakora

Albakora atau tuna albakora termasuk spesies tuna dan anggota famili Skombride. Melansir dari UExpress, albakora kaleng biasanya berisi 14 g lemak termasuk lemak omega 3 0,8 g dan lemak omega 6 sebanyak 0,4 g

Salmon

Siapa yang tak suka salmon? Ikan satu ini kerap dikonsumsi mentah untuk sushi atau sashimi. Seperti tuna, salmon direkomendasikan sebagai ikan berlemak yang sehat. Selain omega 3, salmon khususnya salmon dari perairan Atlantis bisa mengandung 2.530 mg omega 6 dari sajian 100 g ikan.

BACA JUGA:

Pollock Alaska

Pollock adalah ikan laut yang cukup terkenal di Jepang. Biasanya ikan ini dijadikan bahan daging kepiting buatan. Sementara di Korea ikan ini sering dibuat kering agar bisa tahan disimpan berbulan-bulan. Anda bisa mengonsumsi ikan ini untuk memenuhi kebutuhan omega 6.

Kategori :