Ternyata Jokowi Lupa dengan Joni Pemanjat Tiang Bendera Asal NTT yang Dijanjikan Masuk TNI

Rabu 14-08-2024,17:15 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

PENAJAM PASER UTARA, RADARPENA.CO.ID - Rupanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) lupa alias tidak ingat dengan sosok Yohanes Gama Marschal Lau alias Joni.

Diketahui Joni adalah anak laki-laki asal Nusa Tenggara Timur (NTT), pemanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-73 pada 2018 silam yang dijanjikan masuk TNI.

"Joni itu siapa?" kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Plaza Seremoni, Sumbu Kebangsaan, di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 14 Agustus 2024.

Setelah dijelaskan oleh wartawan, Jokowi pun sempat bertanya kembali terkait konteks pertanyaan yang dimaksud. 

"Bendera dipanjat maksudnya?" ujar Jokowi.

BACA JUGA:

Wartawan pun menanyakan lagi lebih rinci dengan mengaitkan janji yang pernah diberikan Jokowi kepada Joni untuk masuk TNI. 

Jokowi menilai semua sudah ada aturannya dan menyerahkan kepada Panglima TNI.

"Ya semua ada aturannya, serahkan ke Panglima," ujarnya.

Diketahui, nama Joni pun menjadi viral usai dirinya tak lolos dalam seleksi TNI. Pasalnya, Jokowi sempat memberikan janji kepadanya untuk bisa lolos dalam seleksi TNI.

Momen itu terjadi saat upacara 17 Agustus 2018. Videonya saat memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali di tiang bendera agar Merah Putih dapat berkibar menjadi perbincangan dan membuat dirinya terkenal bahkan sampai sempat diundang ke Jakarta untuk menyaksikan secara langsung Asian Games 2018.

Joni yang saat itu masih duduk di bangku SMP diundang diundang oleh Presiden Jokowi ke Istana Negara untuk berbincang-bincang soal niatnya bergabung di TNI.(anisha)

 

Kategori :