Contoh Soal CPNS 2024: TKP, TIU, TWK, dan Kunci Jawaban untuk Persiapan Hadapi SKD

Rabu 14-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Simak kumpulan contoh soal CPNS 2024 yang meliputi TKP, TIU, dan TWK lengkap dengan kunci jawaban yang bisa Anda pelajari sebagai persiapan hadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan tiga jenis soal yang akan diujikan saat SKD CPNS 2024 berlangsung.

Untuk itu, kami bagikan kumpulan contoh soal CPNS 2024 yang mencakup TWK, TIU, dan TWK yang dilengkapi kunci jawaban untuk membantu para calon pelamar sebagai bahan belajar agar lolos dalam tahap SKD.

Sebagai informasi, jadwal seleksi pengadaan CPNS 2024 telah ditetapkan, yakni untuk pengumuman seleksi pada tanggal 19 Agustus-2 September 2024. Sementara pendaftaran seleksi pada 20 Agustus-6 September 2024.

Dihimpun dari berbagai sumber, inilah kumpulan contoh soal TKP, TIU, dan TWK CPNS 2024 yang bisa Anda pelajari.

BACA JUGA:

Contoh Soal TKP CPNS 2024 dan Kunci Jawaban 

1. Anda adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan yang sedang mengerjakan proyek penting dengan tenggat waktu yang ketat. Suatu hari, rekan kerja Anda yang biasanya bertanggung jawab atas bagian penting dari proyek tersebut meminta bantuan Anda karena ia merasa kesulitan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Namun, Anda juga memiliki tugas sendiri yang harus diselesaikan sebelum akhir hari. Apa yang Anda lakukan?

A. Menolak membantu karena Anda harus fokus pada tugas Anda sendiri.

B. Memberi saran singkat kepada rekan kerja Anda, kemudian melanjutkan tugas Anda sendiri.

C. Mengatur waktu Anda agar dapat membantu rekan kerja tanpa mengorbankan tugas Anda sendiri

D. Memberi tahu atasan bahwa rekan kerja Anda mengalami kesulitan dan menyerahkan keputusan kepada atasan.

E. Menunda pekerjaan Anda untuk membantu rekan kerja sepenuhnya hingga tugasnya selesai.

Jawaban: C

2. Anda bekerja di sebuah kantor yang berfokus pada administrasi internal, bukan pada pelayanan publik langsung. Namun, pagi ini ketika Anda tiba di kantor, Anda melihat seorang pengunjung berdiri di area resepsionis. Resepsionis yang seharusnya bertugas belum datang, dan pengunjung tersebut tampak bingung. Tindakan Anda adalah...

Kategori :