Terbukti Ampuh dan Efektif, 7 Air Rebusan Ini Dapat Stabilkan Serta Turunkan Gula Darah Secara Alami

Minggu 11-08-2024,08:19 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras


Ilustrasi teh hijau.-Foto: Pinterest.com-

Teh hijau kaya akan senyawa antioksidan bernama polifenol. Artinya, teh hijau juga punya kemampuan untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Mengutip Mind Body Green, senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan peradangan dalam tubuh. Kondisi ini dapat membantu melawan resistensi insulin.

BACA JUGA:

Jus sayur

Kamu juga bisa menjadikan jus sayur sebagai salah satu minuman penurun gula darah. Coba ganti buah dengan sayur untuk minuman jus sehari-hari. amu bisa menggunakan bahan-bahan seperti seledri, mentimun, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

Air rebusan jahe 

Sebuah penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa suplementasi jahe dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 mengamati bahwa penderita diabetes yang tidak menggunakan insulin dan mengonsumsi suplemen jahe selama tiga bulan mampu meningkatkan kontrol glikemiknya.

Jahe dapat memengaruhi kontrol glikemik dalam tubuh dengan menghambat enzim yang terlibat dalam proses metabolisme karbohidrat. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh. Para peneliti juga mencatat bahwa ada lebih banyak penyerapan glukosa ke dalam jaringan adiposa perifer dan otot rangka.

Nah itulah, beberapa minuman yang dapat menurunkan serta mengontrol gula darah secara alami yang dapat kamu coba dan lakukan dirumah. Semoga bermanfaat!

Kategori :