Terungkap Alasan Carlos Pena Pilih Rizky Ridho untuk Gantikan Andritany Jadi Kapten Persija Jakarta

Kamis 08-08-2024,13:57 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pelatih Persija Jakarta, Carlos Pena, membeberkan alasan di balik keputusannya menunjuk Rizky Ridho sebagai kapten baru, menggantikan Andritany Ardhiyasa.

Dalam acara peluncuran skuad yang digelar di JIS, Rabu, 8 Juli 2024, Persija secara resmi mengumumkan Andritany tak lagi menjabat sebagai kapten pada musim 2024/2025 mendatang.

Untuk musim 2024/2025 mendatang, Rizky Ridho, pemain timnas Indonesia, terpilih memimpin Macan Kemayoran sebagai kaptennya.

Dalam kesempatan tersebut, Pelatih Carlos Pena memaparkan keputusannya menunjuk Ridho sebagai kapten Timnas Indonesia serta memberikan alasan di balik pemilihan tersebut.

Menjabat sebagai kapten Timnas U-23 Indonesia pada Piala Asia U-23 2024, Ridho membawa pengalaman berharga dalam peran kepemimpinannya.

Menurut Pena, kejadian ini tak lepas dari keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menyatakan hanya kiper yang boleh menyuarakan keberatannya.

BACA JUGA:

Mengingat peran Andritany sebagai penjaga gawang, tidak praktis baginya untuk menavigasi seluruh lapangan untuk mengungkapkan perbedaan pendapatnya.

"Alasannya adalah karena peraturan bahwa kapten adalah satu-satunya yang bisa berbicara kepada wasit. Jika dia adalah kiper, maka mustahil untuk menyeberang ke seluruh lapangan untuk melakukan protes kepada wasit,” ucap Pelatih berkebangsaan Spanyol

Meski mengakui peran sang kiper sebagai pemimpin di ruang ganti, ia berpendapat bahwa Ridho akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan Andri sebelum menyatakan keberatan.

"Keputusan kami adalah Andri berkomunikasi dengan Ridho, saya pikir keputusan terbaik adalah agar satu pemain, bukan kiper, menjadi kaptennya jadi itu alasannya. Namun Andri adalah seorang pemimpin yang penting di ruang ganti,” tuturnya

Lebih lanjut, secara mengejutkan, Pena memutuskan untuk tidak menunjuk Andritany sebagai wakil kapten. Sebaliknya, peran tersebut akan diisi oleh Muhammad Ferrari untuk musim mendatang.

Meningkatnya spekulasi terkait potensi hengkangnya Andritany pada bursa transfer musim panas mendatang menambah bobot rumor yang ada.

Sempat beredar rumor, Persija Jakarta berencana mendatangkan kiper asal Brasil bernama Carlos Eduardo sebagai tambahan terbarunya.

Meskipun Pena telah mengakui kedatangan pemain asing baru dalam waktu dekat, dia ragu untuk secara eksplisit mengkonfirmasi apakah pemain baru tersebut memang seorang penjaga gawang.

Kategori :