Waspada Anak Kelebihan Glukosa! Berikut Dampak Buruk untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembangnya

Kamis 01-08-2024,07:20 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Makanan atau camilan manis sering kali menjadi makanan favorit bagi anak-anak. Padahal, kondisi kelebihan gula pada anak bisa berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, konsumsi makanan manis pada anak perlu dibatasi. 

Tanpa disadari, ada beragam makanan maupun minuman dengan kadar gula tinggi yang kerap dikonsumsi anak-anak, mulai dari permen, kue kering, biskuit, cokelat, jus buah kemasan, hingga minuman bersoda. 

Tak hanya itu, kandungan gula pada susu untuk anak juga perlu diperhatikan, terutama susu kemasan yang mengandung berbagai jenis perasa buatan. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya memberikan susu rendah gula untuk menghindari efek buruk kelebihan gula pada anak. 

BACA JUGA:

Pada dasarnya, gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, asupan gula berlebih pada anak justru dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan proses tumbuh kembangnya.

Ada beberapa dampak asupan gula berlebih yang dapat terjadi pada anak, di antaranya: 

Penurunan daya ingat dan konsentrasi

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi asupan gula berlebih pada anak dapat mengganggu kemampuan otak untuk berfungsi secara optimal. Bahkan, kondisi ini juga bisa berdampak pada penurunan daya ingat dan konsentrasi anak sehingga dapat memengaruhi prestasi belajar di sekolah.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian, kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat merusak fungsi usus dan mendorong ketidakseimbangan bakteri di dalamnya. Kondisi ini yang pada akhirnya mengubah respons kekebalan dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Obesitas

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 8 dari 100 anak di Indonesia menderita obesitas. Selain faktor genetik dan kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, termasuk konsumsi gula berlebih, juga menjadi penyebab anak mengalami obesitas.

Penyakit diabetes

Asupan gula berlebih pada anak yang dibiarkan hingga dewasa juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Dalam jangka panjang, penyakit diabetes yang tidak terkontrol dapat memicu beragam penyakit serius, seperti kerusakan saraf, masalah fungsi ginjal, gangguan penglihatan, atau stroke.

Masalah pencernaan

Kategori :