Hindari Mulai Sekarang! 7 Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Minuman Manis yang Dapat Merusak Tubuh

Rabu 31-07-2024,14:54 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Memicu jerawat 

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, termasuk makanan dan minuman yang manis, dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Pasalnya, konsumsi minuman yang manis dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin sehingga memicu peningkatan sekresi androgen, produksi minyak, dan inflamasi, sehingga jerawat dapat muncul atau bertambah parah.

Nyeri sendi (gout)

Menurut sebuah penelitian, kebiasaan mengonsumsi minuman manis setiap hari juga meningkatkan risiko asam urat sebanyak 75 persen lebih tinggi daripada orang yang jarang meminumnya.

Penyakit ginjal


Ilustrasi sakit ginjal --

Minuman tinggi gula bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan hipertensi, yang semuanya itu merupakan faktor risiko untuk penyakit ginjal.

Penyakit hati non-alkohol

Sebuah studi baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan, bahwa minum satu atau lebih minuman manis setiap hari selama lima sampai tujuh tahun dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. 

Demikianlah, ualsan artikel di atas mengenai beberapa dampak buruk jika mengonsumsi minuman manis secara berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu dihindari. Semoga bermanfaat!

Kategori :