Mengenaskan! Kerangka Ibu dan Anak Ditemukan Dalam Rumah, Tinggalkan Pesan untuk Sang Ayah

Rabu 31-07-2024,14:26 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gempar kerangka ibu dan anak ditemukan di sebuah rumah di Kompleks Tani Mulya Indah, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, pada Senin, 29 Juli 2024. Kerangka tersebut ditemukan di atas kasur dengan pakaian masih membalut di keduanya. 

Diketahui identitas kerangka itu yakni Iguh Indah Hayati (55) dan anaknya Elia Imanuel Putra (24). Polisi mengaku menemukan beberapa fakta, namun belum bisa disimpulkan apakah termasuk tindak pidana.

"Kita terus melakukan pendalaman terkait dengan barang-barang yang ditemukan, sebagai petunjuk untuk kita bisa menentukan apakah penemuan kerangka ini ada keterkaitan dengan suatu tindak pidana," kata Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanti, dalam keterangnnya pada Selasa, 30 Juli 2024.

Olah TKP kali ini dilaksanakan oleh tim Inafis Satreskrim Polres Cimahi dan tim dokter forensik Rumah Sakit Sartika Asih. Tri mengatakan ada berbagai kemungkinan di balik kematian ibu dan anak itu hingga akhirnya ditemukan sudah berbentuk kerangka.

BACA JUGA:

"Walaupun memang bukti petunjuk sudah ada, bukti pendukung sudah ada, kesimpulan pun bisa kita buat tapi tetap kita harus bisa menjelaskan secara komprehensif dari A sampai Z bahwa permasalahan itu seperti ini. Jadi tidak ada nanti yang sepenggal-sepenggal. Jadi multi tafsir nantinya," kata Tri.

Selain itu, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi mata. Mulai orang yang pertama menemukan kerangka ibu dan anak itu serta orang-orang di sekitar rumah keduanya.

"Saksi yang kita periksa sudah ada beberapa orang, mulai dari yang pertama menemukan (suami Indah), ketua RT, tetangga sebelah. Nanti kita masih akan terus melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan keterangan dari saksi-saksi tersebut," kata Tri.

Namun, ada sejumlah tulisan yang ditemukan dan ditujukan kepada seseorang bernama Mudjoyo Tjandra, suami Indah sekaligus ayah dari Elia. Tulisan-tulisan itu ditemukan di tembok rumah bagian ruang tamu dan kamar tidur tempat keduanya tinggal kerangka. 

Tulisan yang diduga ditulis oleh Indah berbunyi, "Jikalau kau menikah lagi, aku harap kau jangan menyakiti istri ketigamu nanti. Aku lihat kau sudah meminang istri baru lagi kan? Yang dari Ciamis yang photo bersamamu itu. Dipakai di FB Hendra Setiawan. Di kolom komentar tertulis mengingat karena kau pernah gagal menjalani hubungan pada istri ke 1 mu yang bernama Leony Maria Theressia". 

BACA JUGA:

Tulisan Indah lainnya, "Aku minta rumah ini diwakafkan untuk mesjid Tanimulya. Kalau Mudjoyo Tjandra tidak menyerahkan untuk didirikan mesjid di tempat ini, berarti sudah menjadi penjahat karena merebut hak saya dan warga Tanimulya untuk warga RT 10. Pak RT tolong tagih rumah ini dan harus jadi mesjid atas kematian saya". 

Elia pun diduga turut meninggalkan pesan di tembok ruang tengah. Tulisan Elia, "Aku hanya minta uang sekolah tapi kau seperti itu. Katanya raihlah cita-citamu setinggi langit, tapi kau tidak dukung aku dengan biaya sekolah. Maafkan aku tidak bisa menjadi anak yang sempurna karena manusia tidak ada yang sempurna. Termasuk istrimu aja kau tinggalkan karena kau menuntut dia menjadi sangat sempurna. Tapi ketahuilah, hanya tuhan yang sempurna". 

Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanto mengatakan, tulisan-tulisan yang ditemukan di dinding rumah itu diduga curahan hati Indah dan Elia sebelum meninggal. “Pada saat kita melaksanakan olah TKP, ditemukan tulisan-tulisan di dinding rumah tersebut," ungkap Tri saat ditemui di lokasi kejadian, pada Selasa, 30 Juli 2024. 

Tulisan yang ditemukan polisi saat olah TKP itu berkaitan dengan permasalahan keluarga yang dialami rumah tangga mereka. Namun, tulisan itu akan dicocokkan dengan tipografi yang biasa ditulis oleh Indah dan Elia di media tulis seperti kertas atau media lain.

Kategori :