Ustaz Derry Sulaiman Berikan Tanggapan Soal Jenazah Dali Wassink yang Dikremasi Padahal Sudah Mualaf

Rabu 24-07-2024,12:34 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ustaz Derry Sulaiman sebagai tokoh agama ikut berkomentar tentang proses kremasi jenazah suami Jennifer Coppen, Dali Wassink. Padahal sejak menikah dengan Jennifer Coppen pada 2023 lalu, Dali Wassink diketahui merupakan seorang mualaf. 

Ia bahkan beberapa kali kedapatan tengah mempelajari agama Islam. Perdebatan mengenai kremasi itu membuat Ustaz Derry Sulaiman ikut berbicara. Ia mengatakan bahwa pribadi Dali di matanya adalah sosok yang baik. 

"Saya dan keluarga mengucapkan belasungkawa ikut berduka cita atas meninggalnya papa Dali. Kalau saya lihat di sosial media papa Dali ini basicnya baik," kata ustaz Derry.

"Dia baik dari khidmatnya, senyumnya, pada keluarganya, Masyaallah banyak yang mencintai dia. Ternyata sebelum Islam papa Dali itu seorang Mong biksu Budha yang melepaskan cinta pada dunia. Spiritual papa Dali itu luar biasa," sambungnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, ustaz Derry membahas soal hukum kremasi di matanya bila ada kasus seorang mualaf yang memiliki wasiat setelah meninggal.

"Masalah dikremasi, ini bukan masalah pertama ada seorang mualaf dari Jerman habis Ashar kami mensyahadatkan dia lalu habis Isya beliau meninggal. Kami sekeluarga mau menguburkan secara Islam tapi teman-temannya bilang dia berwasiat di agama sebelumnya kalau dia mau dikremasi lalu abunya ditebar ke lapangan golf tempatnya main golf," imbuhnya.

"Tapi akhirnya kalah karena kekuatan hukum. Kekuatan hukum itu sertifikat tanda keislaman ini harus jelas sehingga nanti kalau ada yang bilang wasiat ya itu wasiat sebelum dia bersyahadat. Saya tak tahu ada sertifikat di papa Dali atau tidak," lanjutnya.

Meski tidak memperbolehkan seorang mualaf dikremasi, ustaz Derry mendoakan agar setiap Muslim yang masih memiliki wasiat minta dikremasi saat meninggal dunia diterima amal ibadahnya oleh Allah swt.

BACA JUGA:

"Jadi, basic spiritualnya Papa Dali ini memang baik ya. Semoga Allah SWT mengampuni semua khilaf dan dosanya Papa Dali, dan dimuliakan Allah nanti di surga dan berkumpul dengan anak istrinya," lanjutnya.

Derry Sulaiman lantas mempertanyakan sertifikat mualaf Dali Wassink. 

"Saya nggak tahu Papa Dali punya sertifikat atau tidak. Atau dia mungkin punya sertifikat, tapi karena lemahnya pengetahuannya tentang Islam sehingga dia mengatakan dia ingin dikremasi," tuturnya.

Terlepas dari perdebatan yang terjadi, Derry Sulaiman menegaskan bahwa setiap manusia harus kembali ke tanah karena sejatinya mereka diciptakan oleh Allah SWT dari tanah.

"Semoga Papa Dali dan orang-orang Islam yang dikremasi, Allah ampunkan dosa-dosanya," tutup Derry Sulaiman.

Kategori :