Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Agar Pencernaan Sehat dan Lancar, Apa Saja Sih?

Selasa 23-07-2024,09:05 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kesehatan pencernaan tidak hanya berfungsi untuk mencerna asupan makanan saja. Tetapi banyak anggota tubuh lain yang juga dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan terutama usus. 

Agar terjaga kesehatannya ada beberapa minuman yang cocok diminum setelah makan untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Lantas, apa saja sih minuman yang cocok dikonsumsi setelah makan untuk menyehatkan dan melancarkan pencernaan serta mencegah perut buncit? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

BACA JUGA:

Air putih

Alih-alih menyudahi makan dengan minum es teh manis, mengonsumsi air putih jauh lebih bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari Eating Well, air berperan penting dalam mendukung fungsi pencernaan, apalagi jika mengonsumsi air hangat. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2023 menemukan orang yang mengonsumsi 200-250 mililiter air hangat setelah makan dapat mengalami penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih besar dibanding orang yang tidak melakukan kebiasaan tersebut.

Air lemon hangat

Air lemon hangat mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C bisa membantu tubuh agar lebih kuat melawan berbagai penyakit.

Air lemon hangat juga membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi asam lambung. Di samping itu, air lemon diklaim bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh, seperti radikal bebas dan kolesterol.

Teh Jahe

Bukan rahasia lagi jika jahe selalu dipercaya dengan khasiatnya yang kaya. Jika dinikmati setelah waktu makan besar dan sangat mengenyangkan, jahe dapat membantu melancarkan pencernaan makan dan mencegah lonjakan produksi asam lambung.

Teh jahe juga dapat mencegah kram perut yang biasanya banyak dialami setelah makan berlebihan. Selain itu teh jahe juga menstimulasi produksi air liur sehingga makanan akan dicerna lebih sempurna.

BACA JUGA:

Teh Adas

Kategori :