Jelang Piala AFF U19 2024, Timnas Indonesia Bidik Rekor Sempurna Kontra Timor Leste di Laga Terakhir Grup A

Selasa 23-07-2024,08:20 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Timnas Indonesia U19 dan timnas Timor Leste U19 akan berhadapan di laga terakhir fase grup A ASEAN U19 Boys Championship 2024.

Kedua tim ini sudah menjalani tiga laga selama berlangsungnya turnamen Piala AFF U19 2024 di Surabaya. Pasukan Indra Sjafri pun sukses membidik rekor sempurna di pertandingan nanti.

Timnas Indonesia U19 sudah berhasil meraih dua kemenangan di laga sebelumnya. Saat duel lawan timnas Filipina U19 berhasil meraih kemenangan dengan skor 6-0 .

Sementara saat kontra lawan timnas Kamboja U19, skuad garuda muda berhasil meraih kemenangan dengan skor  2-0.

Sedangkan timnas Timor Leste U19 berhasil menang melawan timnas Kamboja U19 dengan skor 3-2, kemudian di laga kedua mereka justru kalah 0-2 melawan Filipina.

Di grup A, Indonesia masih memimpin dengan raihan enam poin, sementara Timor Leste membayangi di posisi kedua dengan tiga poin. Poin yang sama juga dikumpulkan oleh Filipina yang duduk di peringkat ketiga klasemen.

BACA JUGA:

Timnas Indonesia U19 selaku tuan rumah tentu diunggulkan dalam laga nanti, karena mendapatkan dukungan dari suporternya sendiri.

Sementara di sisi lain, keunggulan rekor pertemuan antara keduanya masih dipegang oleh Indonesia. Garuda Nusantara sepanjang bertemu dengan Timor Leste di ajang yang sama, selalu menang.

Mereka berdua sudah dua kali bertemu ajang yang sama, pada tahun 2013 dan 2019. Di dua pertemuan Tim U-19 Indonesia selalu menang dan tidak pernah kebobolan.

Pertemuan pertama terjadi pada semifinal tahun 2013. Ketika itu Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Sementara pertemuan terakhir terjadi di babak grup, tahun 2019. Di laga itu Tim U-19 Indonesia bahkan menang lebih besar 4-0 atas Timor Leste. Gol-gol dari David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra dan Sutan Zico memastikan kemenangan telak Tim U-19 Indonesia atas Timor Leste.

Namun di sepak bola, apapun bisa saja terjadi. “Timor Leste tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus,” buka Indra saat berlangsungnya latihan tim, Senin (22/7) di Lapangan THOR, Surabaya.

Untuk itu, Indra menyiapkan dua pilihan permainan timnya untuk mengantisipasi permainan Timor Leste. “Ada dua hal yang mungkin kita antisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respon kita terhadap pertandingan lawan Timor Leste,” kata Indra.

Kategori :