Spooring Ban Mobil Tak Perlu Ribet ke Bengkel, Lakukan Sendiri di Rumah!

Jumat 19-07-2024,16:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi Sebagian orang memperbaiki mobil sendiri adalah hal yang menyenangkan dibandingkan harus ke bengkel.

Selain agar bisa menambah ilmu pengetahuan tentang mobil, memperbaiki mobil sendiri tentu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan ke bengkel.

Nah seperti salah satu yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah cara untuk spooring ban mobil secara manual alias bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan. Ternyata tidak cukup rumit dan susah loh.

Untuk itu simak terus artikel ini hingga selesai.

BACA JUGA:Ketahui Gejala Flat Spot pada Ban Mobil dan Ini Cara Antisipasinya

BACA JUGA:Bahaya Jika Diabaikan, Ini Ciri dan Penyebab 'Pentil' Ban Mobil Rusak

Cara Spooring Ban Mobil Secara Mandiri

Sebagaimana diketahui bahwa spooring ban mobil dilakukan agar supaya kendaraan bisa melaju dengan seimbang dan nyaman.

Spooring ban biasanya dilakukan secara rutin apalagi jika kendaraan habis melakukan pembongkaran ban. Meski Nampak terlihat lurus, namun ternyata saat di dalam perjalanan mobil terasa tidak imbang.

Untuk itu bagi pemilik mobil berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk melakukan spooring ban mobil tanpa harus ke bengkel alias mandiri melalui 2 cara:

1. Spooring Ban dengan Benang Layangan

Sebelum Anda melakukan spooring ban mobil, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu peralatannya. Siapkan benang layangan, atau benang kasur, kunci pipa mulai ukuran 13, 14, 17, dan 19, serta kunci pass ring.

Setelah peralatan spooring sudah Anda siapkan, selanjutnya parkir mobil Anda di permukaan yang datar atau rata untuk memudahkan proses spooring. 

Ketika memarkir mobil, pastikan Anda memposisikan lingkar kemudi mobil pada posisi yang lurus. Anda bisa menempelkan isolasi cokelat atau hitam ke permukaan jalanan untuk memudahkan Anda untuk memarkir mobil dalam keadaan lurus. 

Apabila mobil Anda menggunakan dop pelek, maka Anda perlu melepaskan komponen tersebut untuk memudahkan proses spooring. 

Kategori :