Menpora Dito Resmi Lepas Timnas Basket Putra untuk Tampil di Qualifiers Asia Cup Seaba U-18

Rabu 17-07-2024,11:44 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melepas Atlet bola Basket putra U-18 Indonesia guna bertanding di Asia Cup Seaba U-18 Qualifiers 2024.

Pelepasan tersebut diselenggarakan di Media Center Kemenpora, Senayan, Selasa, 16 Juli 2024. Ajang Asia Cup Seaba U-18 akan diselenggarakan pada 19 Juli hingga 21 Juli mendatang.

Dito sangat mengapresiasi perjuangan Perbasi dalam melakukan pembinaan muda yang perlu dipertahankan oleh semua federasi olahraga. 

"Jadi, itu fokus kami untuk mendorong federasi semua cabor untuk pembibitan usia muda. Saya kira Perbasi salah cabor yang melakukan itu dengan baik," ujar Dito di Kemenpora, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2024.

BACA JUGA:

Regenerasi di basket terlihat ampuh yang telah dijalankan sejauh ini mampu meraih medali di ajang ASEAN Shool Games 2024.

Menurutnya, pembinaan usia dini layak di pertahankan, membuat tim basket Indonesia mampu unjuk gigi di kancah internasional.

"Ini kita bisa melihat di beberapa di multievent belakangan ini usia-usia dini kita hebat sekali. Ini pekerjaan rumah buat kita bagaimana prestasi di level junior ini bisa konsisten sampai ke senior," ucapnya.

Sejak April lalu, proses seleksi yang matang telah membuahkan hasil teridentifikasinya 12 pemain yang terpilih mewakili SEABA U18.

Pada pertandingan mendatang, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand, Filipina, dan Malaysia. Pemenang dari keempat negara ini akan mendapatkan tempat di Piala Asia FIBA ​​U18, yang dijadwalkan akan diadakan di Amman, Yordania pada 2-9 September.

Pada turnamen SEABA mendatang, Thailand digadang-gadang sebagai lawan awal Indonesia. Menyusul setelah itu skuad Garuda Muda melawan Malaysia dan Filipina di laga terakhir.

(Dimas Rafi).

 

Kategori :