Jelang Piala Presiden 2024, Segini Bocoran Hadiah Juara yang Setara dengan Liga 1

Selasa 16-07-2024,07:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Piala Presiden 2024, penyelenggara berhasil mendapatkan dana sponsorship untuk turnamen pramusim yang dimulai pada Jumat nanti.

Dia menjelaskan, dana tersebut hanya bersumber dari pihak swasta, tanpa bergantung pada APBN, APBD, atau bantuan BUMN.

Ara pun menegaskan, dana tersebut merupakan bentuk kepercayaan dari sponsor, terutama karena pengelolaan keuangan turnamen yang transparan.

"Jumlah dana itu menunjukkan industri olahraga bisa dipercaya sehingga reputasinya bisa mendatangkan para sponsor atau stakeholder," ungkap Ara di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin, 15 Juli 2024.

Berkat kerja sama dengan panitia penyelenggara dan berbagai pihak dalam sosialisasi turnamen sepak bola di Indonesia, ia tetap berharap dananya terus bertambah.

Menurutnya, dana yang dialokasikan akan digunakan berdasarkan kebutuhan organisasi dan diawasi oleh PricewaterhouseCoopers (PwC), memastikan pemantauan peredaran uang yang transparan dan akuntabilitas yang tepat.

BACA JUGA:

Melibatkan delapan tim Liga 1, Piala Presiden 2024 menandai penyelenggaraan turnamen tidak resmi FIFA yang keenam, menyusul kesuksesan edisi 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2022.

Persib tampil sebagai pemenang pada turnamen tahun 2015, sementara Arema FC merebut gelar juara dalam tiga edisi terpisah (edisi 2017, 2019, dan 2022), dan Persija mengamankan gelar juara pada tahun 2018.

Pada 19 Juli 2024, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat menjadi tuan rumah pembukaan turnamen tahun ini.

Sejak dimulainya turnamen ini, hadiah uang tunai untuk pemenang telah mencapai jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu Rp5 miliar, menjadikannya jumlah terbesar yang pernah diberikan.

Turnamen ini diikuti oleh delapan tim, yang dibagi rata menjadi dua grup: Grup A dan Grup B.

Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung menjadi saksi partisipasi empat tim Grup A, antara lain Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.

Sementara Grup B beranggotakan Arema FC, Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta yang semuanya mengikuti pertandingan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

Tim yang mendapatkan peringkat tertinggi di setiap grup akan mendapatkan keistimewaan untuk melaju ke babak semifinal.

Kategori :