5 Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Salah Satunya Mengonsumsi Makanan Sehat

Rabu 10-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia atau kurang darah, dapat menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu, stres berlebihan juga kerap menjadi biang kerok kerontokan rambut.

Tak hanya itu, bagi para ibu selama kehamilan sampai kelahiran, tubuh wanita mengalami perubahan hormon estrogen secara drastis. Selama hamil, hormon tersebut merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen. Rambut rontok juga bisa terjadi sedikit demi sedikit atau banyak secara tiba-tiba.

Jumlah rambut ormal adalah sekitar 100.000 helai, dan akan lepas atau rontok sekitar 50–100 helai setiap harinya. Hal ini merupakan kondisi yang normal, karena rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut baru.

Umumnya, ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron dan penurunan hormon estrogen.

Kondisi ini berdampak pada beberapa hal, di antaranya adalah rambut jadi semakin kering sehingga mudah rontok dan patah.

Sebanyak 90 persen rambut yang ada di kepala akan mengalami fase pertumbuhan, sementara 10% bagian rambut lainnya akan masuk pada fase istirahat sehingga akan rontok setiap 2-3 bulan sekali untuk digantikan dengan rambut baru.

BACA JUGA:

Kurangi Pemakaian Pengering dan Pelurus Rambut

Agar rambut terhindar dari kerusakan lebih lanjut, hindari pemakaian pengering dan pelurus rambut. Jika merasa tidak nyaman karena rambut yang basah, pastikan alat yang digunakan diatur pada tingkat kekuatan yang rendah.

Perlakukan Rambut Secara Lembut

Kebiasaan sehari-hari dalam menata rambut sebaiknya menjadi perhatian utama untuk menghentikan rambut rontok pasca melahirkan.

Terkadang kita nggak menyadari kalau kebiasaan mengikat, mengepang, dan menyisir terlalu kencang dapat memperparah kerontokan rambut.

Jadi, sembari melakukan perawatan rambut rontok alangkah baiknya jika kamu juga mengimbanginya dengan memperlakukan rambut secara lembut. Bahkan, pada saat keramas sebaiknya gosok rambut secara perlahan saja.

Menstimulasi Kulit Kepala

Kategori :