Pahami Manfaat Minyak Ikan Untuk Tumbuh Kembang Anak, Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Rabu 10-07-2024,09:10 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

Menurut American Heart Association, konsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terdapat dalam minyak ikan telah terbukti dapat mendukung kesehatan jantung.

Supaya lebih optimal, selain suplemen minyak ikan, Mama dan Papa bisa memberikan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau untuk anak.

Meningkatkan Fungsi Otak

Omega-3 juga dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran, perencanaan, memori dan perkembangan otak pada bayi dan anak-anak, menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan oleh J Pediatr Gastroenterol Nutr.

Meningkatkan Kualitas Tidur 

Dilansir dari laman Medical News Today, minyak ikan dan bahan pangan tinggi omega 3 sangat penting untuk kesehatan otak. Beberapa penelitian pun menghubungkan konsumsi suplemen ini dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Misalnya, studi pada 2014 menemukan, pemberian suplemen DHA selama 16 minggu pada anak-anak menyebabkan lebih sedikit perilaku sering bangun setiap malam, serta mengubahnya menjadi lebih banyak tidur.

Para peneliti juga menunjukkan, sekitar 40 persen anak-anak di Amerika Serikat mungkin memiliki masalah tidur tingkat klinis, dan menyarankan omega 3 untuk membantu mengatasinya.

Studi lain pada 2020 terhadap remaja Meksiko melaporkan, mereka yang memiliki kadar DHA plasma lebih tinggi memiliki durasi tidur 30 menit lebih lama di akhir pekan.

Peneliti dalam studi itu kemudian mengungkapkan, peningkatan durasi tidur 20-30 menit dapat bermanfaat pada hasil akademik.

Demikianlah manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak. Semoga membantu.

 

Kategori :