Pahami Manfaat Minyak Ikan Untuk Tumbuh Kembang Anak, Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Rabu 10-07-2024,09:10 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam bentuk kapsul atau sirup.

Asam lemak omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Kandungan yang ada pada asam lemak omega 3 terdapat dalam beberapa sumber makanan, salah satunya ada di minyak ikan. 

Mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat berdampak baik bagi kecerdasan anak.

Minyak Ikan berfungsi untuk kesehatan tubuh dan juga menjaga kesehatan otak dan jantung pada anak.

Jenis omega 3 ini amat dibutuhkan selama masa pertumbuhan ukuran otak, sejak lahir sampai usia 2 tahun, serta masa perkembangan otak sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja. 

BACA JUGA:5 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Bantu Tingkatan Kecerdasan Pada Otak

BACA JUGA:Minyak Ikan: Keajaiban Kesehatan yang Tersembunyi

DHA juga penting untuk penglihatan karena menyumbang sekitar 50 persen asam lemak tak jenuh ganda pada retina. Sebaliknya, fungsi kognitif dan penglihatan yang kurang optimal telah dikaitkan dengan status DHA yang buruk selama perkembangan janin.

Mencegah Penurunan Massa Otot pada Penyandang Kanker

Penyandang kanker yang sedang mengalami pengobatan rentan kehilangan massa otot. Nah, terdapat sebuah percobaan dilakukan pada penyandang kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Hasil dari percobaan tersebut ditemukan bahwa 16 penyandang kanker yang mengonsumsi minyak ikan enggak mengalami penurunan berat badan.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat lain dari Omega-3 bagi tubuh adalah dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bagi anak-anak secara optimal, dan selain itu, bagi mereka yang tidak memakan ikan maka mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya dari suplemen.

Melindungi Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat bagi otak anak, minyak ikan juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan DHA dan EPA dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) di tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang.

Kategori :