Biskita Trans Depok Hadirkan Sistem Canggih dan Pelacakan Realtime

Selasa 09-07-2024,13:06 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah Kota Depok dalam Waktu dekat akan meluncurkan transportasi public dalam jumlah massal yang diberi nama Biskita Trans Depok.

Menariknya, Biskita Trans Depok sudah dilengkapi dengan system canggih seperti adanya CCTV dan GPS Tracking. 

Tidak hanya, bus yang akan direncanakan akan beroperasi pada pertengahan bulan Juli 2024 ini dilengkapi dengan kamera surveillance yang bisa dimonitor secara real time oleh penumpang selama perjalanan dengan aplikasi Mitra Darat Kemenhub.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam merancang dan memperkirakan Waktu perjalanan.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Segera Rekrutmen Sopir BISKITA

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Biskita Trans Depok Bakal Layani Uji Coba Gratis Selama 6 Bulan, Ini Rutenya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Tatan Rustandi mengungkapkan untuk metode pembayarannya cashless.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa ada empat kartu elektronik yang pada umumnya bisa digunakan untuk metode pembayarannya.

"Untuk mempermudah pembayaran, sistem diterapkan secara cashless. Terdapat empat kartu elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayarannya yaitu Tapcash (BNI), Brizzi (BRI), e-money (Mandiri) dan Flazz (BCA)," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Tatan Rustandi, yang dilansir dari berita.depok.go.id, pada Selasa 9 Juli 2024.

Tatan juga mengugkapkan bahwa akan ada 15 unit Biskita Trans Depok yang akan mulai beroperasi pada pukul 05.00 WIB serta berakhir pada pukul 21.00 WIB dengan Panjang rute sejuah 34 kilometer.

Kemudian sudah ada 44 bus stop yang sudah disediakan dengan rute Terminal Depok hingga LRT Harjamukti

"Armada yang tersedia sebanyak 15 unit. Kecepatan rata-rata berkisar 21,5 km/jam, dan operasional layanan dimulai pada pukul 05.00 WIB serta berakhir pada pukul 21.00 WIB," ungkapnya. 

Gratis Selama 6 Bulan

Tarif Biskita Trans Depok selama masa uji coba selama enam bulan adalah Rp 0. Sampai menunggu kajian tarif dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok selesai dilakukan. 

Dengan rute perjalanan Biskita Trans Depok dimulai dari Terminal Depok Baru dan berhenti pertama kali di Saladin. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Balai Kota II, Apotik II, Jl. Cempaka, dan RS Hermina. 

Kategori :