Ubah Kebiasaan! Ini 7 Cara Meningkatkan Fokus dan Produktivitas saat Bekerja

Sabtu 06-07-2024,14:26 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di era modern ini, tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi dan multitasking yang tak terhindarkan sehingga membuat kita mudah kehilangan fokus saat bekerja. 

Dan ada kalanya juga kita akan berada di situasi yang sedang kurang bersemangat yang menyebabkan pekerjaan menjadi terasa lebih berat dan melelahkan pada hari itu.

Tentunya hal ini akan berdampak pada produktivitas dan kualitas pekerjaan.

BACA JUGA:Kerja di Sini, Kamu Lagi Sedih atau Galau Bisa Dapat Cuti Tanpa Potongan, Gaji Rp15 Juta

BACA JUGA:7 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Bekerja di Kantor, Simak Yuk!

Ternyata kemampuan fokus yang tinggi dapat dilatih dan ditingkatkan dengan melakukan beberapa kebiasaan. 

Bahkan kebiasaan baik ini tidak hanya membantu untuk menjaga kemampuan fokus kita pada saat bekerja tapi juga dalam melakukan berbagai aktivitas.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Berikut beberapa tipsnya:

1. Bangun pikiran positif di pagi hari

Pagi hari menjadi awalan untuk memulai berbagai aktivitas dalam seharian penuh. Waktu pagi menjadi waktu terbaik untuk membangun pikiran yang positif.  Membiasakan untuk membangun pikiran positif di pagi hari sangat berpengaruh dalam meningkatkan fokus saat bekerja.

Perasaan dan pikiran yang positif saat mengawali hari akan sangat berpengaruh terhadap suasana hati sepanjang hari.

2. Buatlah Daftar Pekerjaan yang Terstruktur

Membuat daftar pekerjaan yang terstruktur dapat membantu Anda untuk memprioritaskan tugas dan menghindari rasa kewalahan. Tuliskan semua tugas yang ingin Anda selesaikan dan aturlah berdasarkan urgensi dan tingkat kesulitannya.

Bagi tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah dikelola. Hal ini akan membuat Anda lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan fokus Anda.

3. Terapkan Teknik Pomodoro

Kategori :