Apa Itu Budaya Hedon dan Bagaimana Cara Menghindari Dampaknya? Simak Disini

Sabtu 08-06-2024,16:38 WIB
Reporter : Anggie Himan
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hedonisme adalah gaya hidup yang hanya berfokus mencari kesenangan sebanyak mungkin. Kenali ciri, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya di sini!

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang secara naluriah ingin menghindari rasa sakit dan penderitaan. Akan tetapi, terkadang naluri ini justru menjebak dalam gaya hidup hedonis. Dengan munculnya beragam aktivitas dan sarana entertainment, saat ini hedonisme adalah salah satu masalah umum dalam masyarakat. 

Meski tampak mewah dan menyenangkan, nyatanya dampak hedonisme tidak selalu positif, terutama untuk

BACA JUGA:Perlu Dicatat! 6 Kesalahan Umum Saat Menyembelih Hewan Kurban kesehatan finansial jangka panjang. 

Definisi dan Ciri Hedonisme

Hedonisme merupakan salah satu gaya hidup yang berorientasi pada kebahagiaan dan mencari cara untuk mendapatkannya melalui pemenuhan keinginan yang tidak ada habisnya. Gaya hidup ini memusatkan keinginan pribadi sebagai kebutuhan yang perlu dipenuhi dan didapatkan. 

Berikut beberapa ciri orang yang hedon yaitu:

1. Tidak pernah merasa puas. Orang yang bergaya hidup hedon selalu tidak merasa puas akan hal-hal yang dimilikinya dan terus berusaha mencari hal lain yang belum dirasakannya.

2. Rendahnya pengendalian diri. Orang yang hedon cenderung tidak mampu mengendalikan dirinya karena ia selalu ingin merasakan kenikmatan dan kesenangan dari terpenuhinya hal yang diinginkan.

3. Impulsif. Orang hedon hanya akan mementingkan keadaan saat itu saja sehingga cenderung lebih impulsif dan tidak melihat efek jangka panjangnya.

4. Perilaku berlebihan. Karena ketidakpuasan yang selalu mereka rasakan, orang yang hedon selalu berperilaku secara berlebihan, baik itu dalam berpakaian, berbelanja dan lain sebagainya. Bahkan saat ini banyak yang terjerat hutang pinjaman online.

5. Egois. Orang yang hedon hanya akan memikirkan keinginannya sendiri dan bersikap acuh dan tidak peduli terhadap keberadaan atau keadaan orang lain. 

BACA JUGA:Counterpoint Prediksi Perkembangan Smartphone GenAI Meningkat tahun 2027

Faktor Penyebab Hedonisme

Ada beberapa faktor yang mendorong seseorang menjadi penganut paham hedonisme, baik itu faktor dari dalam diri sendiri “internal” ataupun dari luar “eksternal”

Kategori :