Wajib Tahu! Manfaat Pasta Gigi Selain untuk Membersihkan Gigi

Senin 27-05-2024,17:38 WIB
Reporter : Anggie Himan
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Pasta gigi nampaknya merupakan salah satu kebutuhan yang banyak orang gunakan setiap hari. Tak hanya untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga membantu menyegarkan mulut.

Namun rupanya tak hanya itu. Masih ada berbagai berbagai manfaat lain dari pasta gigi yang mungkin tak pernah terpikir sebelumnya.

Nyatanya pasta gigi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari selain untuk membersihkan gigi.

Berikut manfaat lain dari pasta gigi:

1. Pembersih Sepatu

Debu yang menempel pada sol sepatu semakin hari membuatnya berubah warna menjadi kekuningan. Hal ini yang kemudian membuat penampilan kamu kurang maksimal dan tidak percaya diri karena sepatu yang tak bersih. Untuk mengatasi masalah tersebut, pasta gigi pun dapat diandalkan untuk memngembalikan warna sol sepatu seperti sedia kala.

Caranya, ialah dengan menggunakan semir sepatu dan sedikit pasta gigi, maka noda yang menempel pada sepatu akan memudar. Cara ini pun tidak hanya berguna untuk sepatu kets karet, tetapi juga sepatu kulit yang berwarna putih.

BACA JUGA:5 Cara Sederhana dan Efisien untuk Mengurangi Limbah Makanan

BACA JUGA:Mengenal Tanda-Tanda Apa saja Ketika Balita Meminta Perhatian

2. Bersihkan Wastafel Stainless 

Wastafel yang bersih dan berkilau dapat membuat seluruh dapur kamu terlihat lebih bersih. Pasta gigi sebenarnya bisa membantu kamu menghilangkan noda dan mengembalikan kilau wastafel baja tahan karat.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan sedikit pasta gigi pada kain atau spons basah. Gosok wastafel dengan gerakan melingkar, berikan perhatian ekstra pada area yang bernoda.

Bilas sampai bersih. Pasta gigi mengandung bahan abrasif ringan yang efektif menghilangkan noda tanpa menggores permukaan, membuat wastafel baja tahan karat tampak baru.

3. Sebagai pengganti lem kertas

Anak-anak senang bermain dengan kertas origami, dan memerlukan lem kertas sebagai perekat satu kertas dengan yang lainnya. Hal itu membuat lem sering cepat habis. Jika darurat, ketika memerlukan lem, kamu dapat menggunakan pasta gigi sebagai pengganti lem kertas. Hasilnya, pasta gigi akan membuat kertas merekat sempurna layaknya lem.

4. Membersihkan Sepatu

Sepatu yang kotor pastinya tak enak di pandang. Untuk itu pasta gigi bisa diandalkan untuk membersihkan sepatu dan juga memutihkan sol sepatu sneaker. Caranya, oleskan pasta gigi di sikat gigi tak terpakai, dan gosok di lapisan bawah sepatu hingga merata. Kemudian bilas menggunakan lap lembab hingga bersih dan kering.

BACA JUGA:Panduan Praktis untuk Orangtua: Mengatasi Kebiasaan Manja pada Anak

BACA JUGA:Cuaca Panas Bukan Halangan, Tips Memilih Baju di Musim Kemarau

5.Penghilang Bau

Ketika memasak, tak dapat dihindari bau bawang, amis, dan lainnya membuat tangan beraroma tidak sedap. Meski sudah dicuci dengan sabun, terkadang bau tersebut masih menempel hingga harus berulang kali mencucinya. Untuk mengatasinya dengan cepat, dan tidak boros pemakaian sabun, kamu dapat menambah sedikit pasta gigi saat mencuci tangan. Tak hanya menghilangkan bau, pasta gigi ini dapat berguna sebagai pelembab seperti lotion.

6. Kompor Kaca Dan Keramik

Kompor keramik dan kaca memerlukan pembersihan yang lembut untuk menghindari goresan sekaligus menghilangkan noda dan sisa makanan.

Oleskan sedikit pasta gigi pada kompor dan gosok perlahan menggunakan spons atau kain. Pasta gigi yang bersifat abrasif ringan efektif menghilangkan noda tanpa menggores permukaan dan bilas dengan air dan lap kering.

7. Membuat korek api lebih tahan lama

Biasanya korek api akan dengan mudah habis terbakar. Namun dengan memberikan sedikit pasta gigi pada lapisan korek api tersebut, akan membuatnya lebih tahan lama dan bersinar lebih terang. Caranya dengan melapisi kepala korek api dengan pasta gigi, bilas dengan air, dan keringkan.

Kategori :