Viral Curug Ciburial, Pelaku yang Pungli Wisatawan Diamankan Polisi

Jumat 03-05-2024,09:23 WIB
Reporter : Adi Wirman
Editor : Lebrina Uneputty

Bogor, RadarPena. Com -  Pria yang melakukan pungli terhadap wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciburial, Bogor akhirnya diamankan oleh jajaran Polsek Sukamakmur. 

Pria tersebut diamankan setelah, pihak Polsek Sukamakmur melakukan operasi penertiban pada hari Kamis 02 Mei 2024. 

Tim penertiban sendiri terdiri dari AIPDA Rahmat Hidayat, Aipda Dedi Nursaid, Aipda Made, dan Brigadir Made. 

BACA JUGA:Lika-liku Profesi Selebgram di Antara Glitz, Glamour dan Tantangan Tersembunyi

"Jadi pelaku yang diamankan adalah seorang pria berinisial AANG usia 35 tahun yang beralamat di Kampung Loji Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, " ujar Kapolsek Sukamakmur, Iptu Supratman, Jumat 03 Mei 2024.

Menurut Iptu Supratman berdasarkan kronologis kejadian, pada hari Rabu, 1 Mei 2024, sekitar pukul 11.00 WIB, AANG diduga melakukan pungli dengan meminta sejumlah uang kepada pengunjung wisata Curug Cibaliung dan Curug Ciburial. 

Setiap kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).

Perbuatan pungli ini menjadi viral di TikTok, sehingga pihak kepolisian sektor Sukamakmur segera bertindak untuk mengamankan pelaku.

BACA JUGA:Sinopsis The Infiltrator, Kisah Penyamaran Agen Federal Membongkar Pencucian Uang Pablo Escobar

"Setelah diamankan, Sdr. AANG diberikan pembinaan dan membuat surat pernyataan yang berisi komitmen untuk tidak melakukan pungutan liar kembali. Dalam surat pernyataan tersebut, pelaku juga menyatakan kesediaannya untuk bermusyawarah dengan pihak pengelola wisata serta pemerintah desa untuk membahas penggunaan lahan yang dianggap menjadi milik keluarganya," ucap Iptu Supratman 

Sebagai langkah lanjutan, polisi melakukan berbagai tindakan seperti interogasi, pembinaan, serta dokumentasi terhadap pelaku. Laporan ini juga diteruskan kepada Waka Polres Bogor, Kabag Ops Polres Bogor, dan Kasat Sabhara Polres Bogor untuk tindakan lebih lanjut.

Pihak kepolisian akan terus memantau situasi di kawasan wisata untuk mencegah terulangnya kasus serupa. Masyarakat juga diimbau untuk segera melapor jika menemukan indikasi pungli atau tindakan ilegal lainnya di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Video pengakuan wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciburial, Bogor dimintai yang oleh seorang pria viral di media sosial setelah diunggah oleh akun @prasastihikmah di instagram pribadinya.

Cekcok sempat terjadi, namun penumpang dalam mobil mempetanyakan mengapa tidak ada plang pemberitahuan tiket masuk.

Lalu pria itu beralasan bahwa akses jalan menuju Curug Ciburial adalah miliknya. Kejadian ini menjadi antensi warganet yang menyayangkan adanya aksi tersebut.

Kategori :