7 Tips Mengontrol Emosi yang Baik saat Puasa Agar Tak Gampang Marah, Nomor 5 Paling Sulit Dilakukan!

Kamis 14-03-2024,11:56 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Putri Indah

Bagi kamu umat muslim, beristighfar merupakan suatu hal lazim yang diucapkan oleh seluruh umat dalam kondisi apapun. Seperti halnya di saat kamu mengalami kondisi yang memicu emosi dan amarah karena perkataan ataupun tindakan orang lain, maka kamu bisa memperbanyak istighfar. Dengan begitu kamu tetap bisa menahan diri dan menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Selain beristighfar, kamu juga bisa menurunkan emosi dan amarah dengan berwudhu agar lebih tenang dalam menanggapi kondisi dan orang lain yang dapat memicu sisi emosional kamu.

 

4. Ikhlas dan Tenang

Ikhlas dan tenang merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat kamu mulai terpicu emosi dan amarah. Apabila kamu membiarkan amarah dan emosi membendung perasaan kamu, maka hal positif lainnya akan berkurang. Untuk itu, tanamkan pada diri kamu untuk berusaha menjadi orang ikhlas dan tenang dalam kondisi apapun. 

BACA JUGA:

5. Menjaga Keseimbangan Mental

Puasa Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk menjaga keseimbangan mental. Dengan menghindari perilaku negatif dan merangsang emosi yang tidak sehat, umat Islam dapat mencapai kedamaian batin dan ketenangan pikiran.

 

6. Menahan Diri dari Amarah

Untuk menahan diri dari amarah, khususnya bagi kamu yang mudah terpancing emosi, sudah seharusnya hindari orang-orang dan situasi yang berpotensi membuatmu marah pada saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa coba lakukan dengan menjaga jarak dari mereka yang kamu anggap merupakan pihak yang dapat memicu amarahmu. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dalam beribadah di bulan Ramadan.

 

7. Lakukan Teknik Pernapasan

Seperti yang telah diutarakan di atas, emosi mungkin akan lebih mudah tersulut saat berpuasa, terutama jika ada sikap orang atau kondisi yang menyebalkan dan terjadi tiba-tiba. Namun, sebelum buru-buru marah dan memaki, coba ambil waktu sejenak untuk menutup mata dan tariklah napas yang dalam, lalu keluarkan. Pada saat yang sama, coba pikirkan apakah hal-hal menyebalkan tersebut ada di dalam kendalimu? Lakukan teknik pernapasan itu beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang dan terkendali.

Demikianlah, ulasan artikel di atas tekait cara kelola dan menahan emosi dengan baik saat ramadan agar tidak gampang marah, semoga bermanfaat.

Kategori :