4 Tempat Wisata Religi di Purwakarta yang Banyak di Kunjungi Peziarah

Jumat 08-03-2024,21:10 WIB
Reporter : Anggie Himan
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Kabupaten Purwakarta adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Purwakarta Kota serta berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara Jakarta dan 44 km sebelah barat laut Bandung. Kota ini dijuluki sebagai kota pensiun karena suasananya yang tenang dan jauh dari hiruk piruk kota. Selain kota pensiun, Purwakarta juga memiliki julukan kota tasbih dan Purwakarta cantik. 

Kabupaten Purwakarta, bukan hanya terkenal dengan wisata alam/buatan dan wisata kuliner saja. Karena di wilayah ini terdapat juga beberapa lokasi wisata religi.

Purwakarta memiliki banyak destinasi wisata religi yang bisa menjadi pilihan wisatawan dalam menghabiskan libur panjang. Bahkan beberapa diantara wisata religi di Purwakarta kerap kali didatangi banyak peziarah, terutama pada waktu-waktu tertentu. Dengan mendatangi sejumlah wisata religi di Purwakarata, kamu dapat melihat berbagai jejak peninggalan sejarah yang begitu kental. 

BACA JUGA:6 Jenis Tanaman yang Meredakan Stres, Bisa Kamu Tanam Dalam Rumah

Berikut 4 tempat wisata religi di Purwakarta

1. Makam Eyang Pandita 

Makam Eyang Pandita terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Makam Eyang Pandita berada di Kawasan Desa Wisata Kampung Tajur, berdekatan dengan Curug Panembahan.

Oleh masyarakat setempat Eyang Pandita dipercaya sebagai sesepuh Desa Pasanggrahan. Keunikan dari makam ini adalah lokasinya yang berada di atas bukit, sehingga dapat terlihat pemandangan gunung Burangrang, area persawahan, perkebunan sayur warga dan kawasan hutan.

2. Makam Syekh Baing Yusuf 

Berdasarkan tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, Syekh Baing Yusuf sendiri merupakan salah satu tokoh sejarah yang berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di Purwakarta.

Beliau juga dipercaya sebagai salah seorang guru dari Syekh Nawawi Al-Bantani, yang merupakan seorang ulama asal Indonesia yang populer sebagai pengarang banyak kitab.

Lokasi Makam Syekh Baing Yusuf ini masih berada di pusat kota, tepatnya ada di belakang Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta.

BACA JUGA:Resmi! Inilah 28 Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

3. Destinasi Wisata Mama Sempur

Mama Sempur memiliki nama asli KH Tubagus Ahmad Bakri bin KH Tubagus Syeda bin KH Tubagus Arsyad. Ia merupakan salah satu tokoh muslim yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di daerah Purwakarta.

Kategori :