Ad-supported atau Ad-based adalah jenis bisnis digital yang umumnya beroperasi di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, atau Instagram. Mudahnya, sebuah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari setiap promosi, iklan, atau sponsor yang masuk ke layanan mereka. Di Indonesia, contoh bisnis yang bergerak dengan cara ad-supported atau ad-based ini umumnya adalah perusahaan aplikasi berbagi video singkat dan aplikasi berita.
Subscription
Jenis bisnis digital subscription hidup dari biaya berlangganan yang dibayarkan penggunanya. Model bisnis digital ini umumnya diterapkan oleh platform streaming, bacaan, dan hiburan lainnya. Bisnis digital subscription merupakan pengembangan dari model bisnis berlangganan zaman dulu yang mengharuskan pelanggan membayar biaya langganan bulanan untuk mendapatkan koran atau majalah.
Setelah mengetahui apa itu bisnis digital dan jenis-jenisnya, sekarang kamu akan tahu apa saja keuntungan dari bisnis digital. Beberapa ulasan di bawah ini bisa menjadi alasan kenapa banyak pebisnis yang membuat bisnis digital atau memulai digitalisasi bisnis kovensional.
BACA JUGA:
- Terbaru! Skema Cicilan OPPO Reno 11 F 5G: 0 Persen Selama 12 bulan hingga Cashback Rp500 Ribu
- ZTE Luncurkan Libero Flip, Ponsel Lipat dengan Harga Termurah di Dunia, Berapa?
Keuntungan Bisnis Digital
Memberikan Lebih Banyak Alternatif untuk Konsumen
Beragam inovasi yang dilakukan pun membuat konsumen akan memiliki lebih banyak alternatif. Bahkan kebutuhan yang dulunya tidak tersedia secara komersil, sekarang sudah tersedia, seperti jasa hapus akun atau jastip untuk konsumen yang berada jauh dari supplier.
Menjangkau Konsumen Lebih Luas
Dengan menggunakan teknologi digital, suatu bisnis akan dapat menjangkau konsumen dan target pasar yang lebih luas. Tidak lagi terbatas wilayah dan waktu. Kita bisa melayani transaksi dengan klien yang berada di belahan dunia lain, selama masih tersambung dengan internet. Dengan pasar yang semakin luas, bisnis kita pun bisa lebih cepat berkembang dan keuntungan finansial yang didapatkan bisa lebih besar.
Mendorong Inovasi
Ketika bisnis dipasarkan secara online, maka persaingan pun semakin ketat. Jika bisnis yang kamu jalankan tidak memiliki rencana pemasaran yang tepat, seperti terus melakukan inovasi baru, maka bisnis kamu akan tertinggal oleh kompetitor. Inovasi adalah sebuah keharusan di era kompetisi bisnis digital saat ini. Inovasi ini bisa berbentuk produk yang sangat bermanfaat, mudah digunakan hingga fiturnya yang memudahkan aktivitas manusia. Inovasi ini juga bisa berbentuk kemasan, rasa, warna dan lain-lain yang dapat menarik perhatian konsumen.