Terjawab Sudah, Ternyata Gegara Ini Mobil FWD Digemari di Indonesia: Sistem Roda Depan Lebih Kekinian!

Kamis 25-01-2024,16:52 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dery Sutardi

Berbicara mengenai sistem tersebut, ternyata telah digunakan buat berbagai macam roda empat seperti city car, sedan kecil hingga besar, hatchback, MPV hingga SUV.

Perpaduan itulah dapat menciptakan mesin mampu bekerja lebih efisien. Itu bukan tanpa alasan karena minimnya tingkat gesekan dimana terjadi karena komponen didalamnya lebih sedikit. 

Konfigurasi inilah ternyata tak menggunakan as kopel dimana berfungsi buat mengeluarkan tenaga layaknya penggerak belakang.

Mengutp dari laman resmi Toyota, bahwa kendaraan dengan berpenggerak roda depan sebenarnya sudah mulai diterapkan pada rentang tahun 1895 dan 1898 oleh graf and stift dimana membuat voiturette. 

Yang mana dibekali dengan mesin De Dion-Bouter 1 silinder yang akan dipasang pada bagian depannya.

BACA JUGA:Simak 6 Tips Menghilangkan Aroma Tidak Segar pada Kabin Mobil

Daya tarik masyarakat terhadap tipe mobil tersebut semakin meningkat tajam karena beberapa alasan diantaranya adalah

1. Biaya Produksi Jauh Lebih Terjangkau

Kendaraan dengan sistem ini pun ternyata mempunyai biaya produksi jauh lebih murah dibandingkan dengan penggerak roda belakang. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena parts atau komponen didalamnya lebih sedikit.

Salah satu komponen dimana tidak akan pernah ditemukan pada sistem tersebut adalah gardan. Dengan adanya biaya produksi akan lebih murah inilah secara tidak langsung akan mempengaruhi nilai jualnya.

2. Lebih Ringan Pada Bagian Bobotnya

Alasan lain mengapa sistem diatas mempunyai keunggulan adalah karena bodynya cukup ringan. Sebab tidak adanya poros gardan yang biasa digunakan buat menyalurkan daya ke bagian roda belakang. Ini akan berpengaruh terhadap bobotnya dimana akan lebih ringan

Jika dilihat lebih jauh lagi ternyata hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang ada didalamnya. Maka jangan heran apabila kehadirannya banyak digunakan oleh tipe mobil low MPV ataupun city car.

3. Sistem Akselerasi Lebih Bagus

Keunggulan lainnya dari roda empat berpenggerak depan adalah menawarkan sistem akselerasi jauh lebih bagus. Performa dari mesin didepan ternyata akan disalurkan ke bagian penggerak dari depan.

Inilah yang akan menyebabkan distribusi tenaga akan lebih efisien. Jadi tidak perlu lagi repot-repot dalam mengalir dari depan ke belakang. Itu ternyata membuat akselerasinya jauh lebih mantap di dalam FWD car dibandingkan rwd.

Kategori :