Google Rilis Fitur Baru Khusus Android, Rencana Penggunaan AI Bikin 4700 CEO Was-was

Jumat 19-01-2024,18:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

 

Fitur Circle To Search akan menjadi fitur yang cukup membantu pengguna.

Lantaran dengan fitur tersebut, pengguna dapat memperoleh informasi detail tentang item hanya dengan satu kali klik.

Bulan lalu, Google yang pernah disebut-sebut sebagai pemimpin dalam memacu penelitian AI, meluncurkan model AI Gemini yang telah lama ditunggu-tunggu, seiring upaya perusahaan untuk mengejar Microsoft dalam perlombaan AI.

Dalam perkembangan lain, kehadiran AI membuat Google harus menata ulang organisasi mereka dan melakukan PHK terhadap sejumlah divisi.

 

Google memberhentikan ratusan karyawan di tim penjualan periklanannya, pada Selasa 16 Januari 2024.

Langkah tersebut menambah tanda-tanda bahwa PHK akan terus berlanjut tahun ini, karena perusahaan berupaya mengadopsi perangkat lunak dan otomatisasi kecerdasan buatan untuk meringankan beban kerja.

 

Pekan lalu, Google mengungkapkan akan memberhentikan beberapa karyawan di unit Voice Assistant, tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest, dan Fitbit serta di tim augmented reality- nya.

Kehadiran AI seperti pisau bermata dua.

Memberi manfaat sekaligus ancaman menurut sejumlah CEO Global.

Dari survei terhadap lebih dari 4.700 CEO di seluruh dunia dirilis PwC, pada Senin 15 Januari 2024, sebanyak 45% di antaranya khawatir bisnis mereka tidak akan dapat bertahan dalam satu dekade ke depan tanpa adanya terobosan baru. 

Jumlah CEO yang merasakan kekhawatiran terhadap masa depan bisnis mereka karena kedua faktor tersebut di atas naik dari 39% pada tahun lalu.

 

Lebih dari separuh CEO mengatakan AI akan membuat produk atau layanan mereka jauh lebih baik, tetap 69 peren menyatakan pekerja mereka masih memerlukan pelatihan agar mampu menggunakan teknologi itu.

Kategori :