8 Sesar Aktif Siap Guncang Jawa Barat, Masyarakat Wajib Waspada!

Rabu 03-01-2024,11:40 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Sesar Lembang yang letaknya di utara Bandung membentang sepanjang kurang lebih 30 kilometer dengan arah barat-timur. Sesar ini berjenis sesar mendatar (strike slip) dengan sedikit ada komponen vertikal.

Gempa bumi akibat sesar lembang pernah terjadi pada 28 Agustus 2011 dengan Magnitudo 3.3 pada kedalaman yang sangat dangkal hingga mengakibatkan dampak signifikan.

Saat itu, 384 rumah warga di Kampung Muril, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, rusak. Kemudian, terjadi lagi gempa bumi 14 dan 18 Juni 2017.

Sementara itu, aktivitas kegempaan terbaru yang tercatat pada Sesar Lembang terjadi pada tanggal 13 Desember 2021 dengan kekuatan M 2.5.

 

  • Sesar Citarik

Sesar ini membentang membelah Jawa Barat dari Selatan sampai Utara.

Mulai dari Pelabuhan Ratu, antara Gunung Salak-Pangrano Bogor, Jonggol dan berujung di Bekasi.

 

  • Sesar Garut Selatan (Garsela)

Sesar ini membentang dari barat daya-timur laut wilayah Garut yang terdiri dari dua segmen. Sesar ini merupakan sesar aktif, ini dibuktikan dengan gempa-gempa yang terjadi, salah satunya pada 2015. Sesar ini menimbulkan ratusan

Gempa bumi berkekuatan sangat kecil. Meski kecil, tetapi itu menjadi bukti bahwa Sesar Garsela merupakan sesar yang aktif.

 

  • Sesar Cipamingkis

Sesar ini berada di wilayah Sukabumi bagian timur yang berarah barat daya timur laut. Sesar ini juga merupakan sesar aktif, dan dibuktikan dengan aktivitas dari sesar ini pada 2018.

Kala itu, sesar ini merilis puluhan gempa bumi kecil. Beberapa gempa hanya tercatat oleh seismograph, tetapi ada beberapa gempa yang dapat dirasakan juga.

 

  • Sesar Cugenang

Sesar Cugenang 'ditemukan' usai gempa merusak dengan kekuatan M 5,6 di Cianjur, Senin 21 November 2022. Sebelumnya, BMKG menuding gempa dipicu Sesar Cimandiri.

Berdasarkan analisis citra satelit dan foto udara, BMKG menyebut Sesar Cugenang membentang kurang lebih 9 kilometer dan melintasi paling tidak sembilan desa.

Kategori :