Kementrian Pertanian Gelar Seleksi Pejabat Tinggi, Berikut Persyaratan dan Cara Pendaftarannya

Minggu 24-12-2023,22:41 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Dery Sutardi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di buka oleh Kementrian Pertanian (Kementan) untuk semua PNS dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 5 Januari 2024.

Dalam surat pengumuman Kementan Nomor 4499/KP.290/A/12/2023 tentang pendaftaran dan seleksi terbuka itu tercatat setidaknya ada 56 posisi sedang dibuka.

Mulai dari Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Direktur Jenderal Hortikultura, hingga Inspektur III, Inspektur IV Kementan.

Seleksi terbuka ini berlaku untuk semua PNS yang memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

Persyaratan dan Cara pendaftaran

Persyaratan Umum:

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

  2. Bagi Pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (Eselon Ia) adalah PNS yang sedang atau pernah menduduki:

    a. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIa) paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina Utama Muda (IV/c); atau

    b. Jabatan Fungsional jenjang Keahlian Utama paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina Utama Madya (IV/d).


  3. Bagi pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIa)I adalah PNS yang sedang atau pernah menduduki:

    a. Jabatan Administrator paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina Tingkat I (IV/b); atau

    b. Jabatan Fungsional dengan jenjang Keahlian Madya paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina Tingkat I (IV/b).


  4. Bagi pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIb) dalah PNS yang sedang atau pernah menduduki:

    a. Jabatan Administrator paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurangkurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina (IV/a); atau

    b. Jabatan Fungsional dengan jenjang Keahlian Madya paling singkat 2 (dua) tahun dan sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina (IV/a).


  5. Usia maksimal 58 (lima puluh delapan) tahun untuk JPT Madya dan 56 (lima puluh enam) tahun untuk JPT Pratama pada saat pelantikan.

  6. Kualifikasi pendidikan minimal Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pendidikan yang sesuai dengan kompetensi jabatan yang dilamar.

  7. Diutamakan Lulus Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II/Diklatpim Tk.II atau yang setara untuk JPT Madya dan Lulus Pelatihan Kepemimpinan Administrator/Diklatpim Tk. III untuk JPT Pratama, dikecualikan bagi Pejabat Fungsional.

  8. Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik.

  9. Membuat makalah dengan topik atau judul yang disesuaikan dengan jabatan yang akan dilamar (kertas A-4, diketik 1,5 spasi, Huruf Arial, font 12, paling banyak 10 halaman untuk JPT Madya dan 7 halaman untuk JPT Pratama).

  10. Memiliki kompetensi jabatan (kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural) yang diperlukan, serta rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.

  11. Memiliki pengalaman yang relevan dengan jabatan yang dilamar secara kumulatif paling kurang 7 (tujuh) tahun untuk JPT Madya dan 5 (lima) tahun untuk JPT Pratama.

  12. Sehat jasmani dan rohani.

  13. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik dan tidak pernah menjadi anggota legislatif dari partai politik.

  14. Telah menyerahkan SPT tahun terakhir.

  15. Telah menyerahkan LHKPN atau LHKASN terakhir sesuai peraturan perundang-undangan.

  16. Bagi pelamar di luar Kementerian Pertanian, wajib melampirkan persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang berwenang (Sekretaris Jenderal/Sekretaris Utama/Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota).

BACA JUGA:

Tata Cara Mendaftar

  1. Pengumuman dilaksanakan mulai hari Jumat, 22 Desember 2023 sampai dengan Jumat, 5 Januari 2024 secara online pada website Kementerian Pertanian dengan alamat http://simasn.pertanian.go.id/jptkementan/ untuk JPT Madya dan http://simasn.pertanian.go.id/jptpratama/ untuk JPT Pratama.

  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui website Kementerian Pertanian dengan alamat http://simasn.pertanian.go.id/jptkementan/ untuk JPT Madya dan http://simasn.pertanian.go.id/jptpratama/ untuk JPT Pratama mulai hari Jumat, 22 Desember 2023 sampai dengan Jumat, 5 Januari 2024 pukul 16.00 WIB.

  3. Setelah selesai pendaftaran secara online, pelamar wajib menyampaikan seluruh dokumen persyaratan administrasi dalam 1 (satu) amplop tertutup mulai hari Jumat, 22 Desember 2023 sampai dengan Jumat, 5 Januari 2024 pukul 16.00 WIB ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian Pertanian.

  4. Pelamar yang tidak melakukan ketentuan tata cara pendaftaran di atas, dinyatakan gugur.

  5. Seluruh dokumen administrasi yang disampaikan menjadi hak milik dari Panitia Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian Pertanian.

  6. Seluruh pengumuman dalam tahapan seleksi ini akan disampaikan melalui website Kementerian Pertanian dengan alamat http://simasn.pertanian.go.id/jptkementan/ untuk JPT Madya dan http://simasn.pertanian.go.id/jptpratama/ untuk JPT Pratama.

Demikian persyaratan dan cara untuk ikut serta seleksi jabatan di Kementrian Pertanian.

Kategori :