Elon Musk Pamerkan Robot Optimus Gen 2 Tesla, Robot Humanoid yang Bisa Menari dan Berolahraga

Kamis 14-12-2023,06:15 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dery Sutardi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Elon Musk pamerkan Robot Optimus Gen 2 Tesla yang diklaim memiliki banyak kelebihan yang menyerupai manusia. Robot Humaniod ini disebut bisa berbicara, menari, berolahraga, lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Pada masa kini fiksi populer sering kali mengeksplorasi konsep robot humanoid. Ada banyak film yang didasarkan pada konsep tersebut dan telah dinikmati secara luas oleh orang-orang dari semua kelompok umur selama bertahun-tahun. 

Dan sepertinya Elon Musk hampir mewujudkan konsep ini menjadi kenyataan. Dimana Elon Musk baru-baru ini meluncurkan Optimus Gen 2, robot humanoid yang dapat melakukan lebih dari sekedar berjalan dan berbicara. 

BACA JUGA:Elon Musk Memperkenalkan GROK, AI Terbaru, Sangat Istimewa...

BACA JUGA:Tak Jadi Kerja Sama dengan Indonesia, Starlink Milik Elon Musk Terpikat Australia

Robot yang ditingkatkan pada Optimus Gen 2 ini diakuinya bisa berjalan lebih cepat, gerakan tangan, penginderaan sentuhan pada jari, dan masih banyak lagi.

Perkenalan Optimus Gen 2 dibagikan melalui tayangan video demo robot pada sosial media X. Pada tayangan video tersebut Elon Musk hanya menuliskan "Optimus"

Video demo dimulai dengan robot humanoid versi sebelumnya yang diperkenalkan pada tahun 2021 dan 2022. Kini, humanoid baru jauh lebih canggih dan dapat berolahraga, merebus telur, bahkan menari. Robot ini memiliki desain yang stylish, menyerupai manusia.

Dalam video tersebut, semua kemampuan robot humanoid tersebut ditampilkan. Menjelang akhir, ada kejutan manis saat kedua robot Optimus Gen 2 terlihat menari.

Tesla Optimus, juga dikenal sebagai Tesla Bot, adalah robot humanoid konseptual yang sedang dikembangkan oleh Tesla. Ini pertama kali diumumkan pada acara AI Day perusahaan pada tahun 2021, dan dimaksudkan untuk menjadi robot serba guna yang mampu menangani berbagai tugas, terutama tugas-tugas yang tidak aman, berulang, atau membosankan bagi manusia.

Optimus masih dalam pengembangan dan Tesla telah merilis beberapa pembaruan yang menunjukkan kemajuannya, dengan Gen 2 menjadi yang terbaru.

Selain itu robot terbaru ini juga mempunyai bobot yang lebih ringan 10 kg dari sebelumnya serta memiliki tingkat keseimbangan yang jauh lebih baik.

Dalam video yang di bagikan oleh Elon, terlihat Optimus Gen 2 mampu jongkok serta menyeimbangkan badannya.

Bahkan Optimus Gen 2 juga mempunyai tingkat kepresisian dalam memegang barang-barang yang mudah pecah seperti telur.

Elon Musk sendiri mengungkapkan bahwa Optimus Gen 2 akan mampu mencatatkan penjualan hingga 10 hingga 20 miliar unit.

Kategori :